oleh

Hasilkan Ikan Sehat, BKIPM Palu Pelihara Ekosistem Laut

-Kota Palu-dibaca 538 kali

SULTENG RAYA – Untuk menjaga ekosistem laut guna menghasilkan ikan yang sehat, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutudan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palu, melaksanakan kegiatan bakti sosial transplantasi terumbu karang di pantai wisata Sabang, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Jumat (27/4/2018).

Kepala seksi pengawasan dan pengendalian data Informasi BKIPM Palu, Irmawan Syafitrianto mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk tetap mempertahankan kelestarian ekositem karang yang juga nantinya media dari transplantasi tersebut dapat menjadai rumah dan tempat bermain bagi ikan.

Ketua panitia konservasi,Fardi menegaskan latar belakang kegiatan ini mengigat bahwaeksploitasi dan produksi perikanan Tolitoli setiap tahunya semakin mengalami peningkatan dan idealnya peningkatan eksploitasi tersebut harus diiringi dengan kegiatan atau upaya konservasi, serta disampaikan juga bahwa kegiatan ini sebagai bentuk perayaan bulan bakti karantina ikan yang dimulai sejak 1 April 2018 kemarin.

Baca Juga :   DUKUNG ADIPURA 2023, TRC DLH Palu Fokus Jaga Kebersihan di Jalan Protokol

Selain itu, Khoirul Makmun selaku Kepala BKIPM Palu mengimbau kepada para nelayan agardalam melakukan penangkapan ikan nelayan tidak menggunakan alat tangkap yang dapat merusak ekosistem karang yang merupakan habitat bagi ikan-ikan kecil, juga merupakan sebagai spot wisata bagi para pecinta diving dan snorkling.

Sementara itu, Kapolsek Galang, Iptu Edwin Djakobussangat mensupport langkah BKIPM Palu dalam melakukan kegiatan konservasi di wilayahnya, kedepannya bersama dengan aparat hukum yang lain beserta masyarakat akan melakukan pengawasan terhadap sumber daya perikanan yang ada di wilayahnya.

Diketahui, perserta yang terlibat pada kegiatan konservasi karang ini yakni, Dinas Perikanan Kabupaten Tolitoli, Danlanal Tolitoli, BPBD, Bokidive,ekspedisi laut dan darat, mahasiswa Perikanan UMADA dan pimpinan perusahaan UPI se-Kabupaten Tolitoli. */YAT

Komentar

News Feed