oleh

Batas Pelunasan Biaya Haji Berakhir

-Kota Palu-dibaca 361 kali

SULTENG RAYA – Sejak dibuka sejak Senin, 16 April 2018 lalu, kini proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama berakhir pada Jumat (4/5/2018) kemarin.

Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 tahun 2018 tentang Penetapan BPIH Tahun 2018 dan Keputusan Menteri Agama nomor 220 tahun 2018 tentang Pembayaran BPIH 2018.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, Muhammad Isnaeni, mengatakan, kuota Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Palu di musim haji 2018 sebesar 729 orang . Untuk itu, pihaknya mengimbau seluruh CJH Kota Palu segera melunasi pembayaran BPIH.

“Jumat adalah batas akhir pelunasan BPIH. Untuk itu, bagi jemaah agar segera merampungkan pelunasan agar bisa berangkat haji,” ujar Isnaeni, Kamis (3/5/2018).

Baca Juga :   Pansus II DPRD Sulteng Konsultasi di Kantor Bappeda DKI Jakarta

Menurutnya, pembayaran BPIH hanya bisa dilakukan melalui Bank Penerima Setoran BPIH yang ditunjuk Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Bagi yang tidak bisa melunasi BPIH sampai batas akhir waktu pelunasan, maka secara otomatis tidak akan bisa berangkat untuk musim haji tahun ini,” tuturnya.

Adapun pelunasan BPIH tahap selanjutnya dibuka pada 6 Mei hingga 25 Mei 2018 mendatang. Pembayaran BPIH tahap dua itu dibuka khusus untuk jemaah kategori penggabungan mahram, yakni jemaah yang melakukan pengajuan penggabungan suami atau istri atau anak kandung atau orang tua yang terpisah. Dengan syarat, salah satunya telah melunasi pada tahap pertama. Sleain itu, pembukaan tahap II juga diperuntukkan bagi jemaah lanjut usia.

Baca Juga :   Mas Yanto: Untuk Pertalite dan Elpiji Tidak Langka Selama Pandemi

“Dalam tahap 2 ini akan kami buka bagi jemaah kategori penggabungan mahram serta kategori jemaah lanjut usia yang diusulkan beserta pendampingnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Keppres nomor 7 tahun 2018 tentang Penetapan BPIH Tahun 2018 dan Keputusan Menteri Agama RI nomor 220 tahun 2018 tentang Pembayaran BPIH 2018, setiap calon jemaah haji reguler sudah membayar setoran awal sebesar Rp25 juta. Untuk pelunasan, CJH harus menyetor selisih antara pembayaran awal dengan nilai BPIH per-embarkasi .

Jemaah Kota Palu merupakan jemaah embarkasi Balikpapan dengan besaran BPIH Rp38.525.445. FDL

Komentar

News Feed