oleh

Warga Birobuli Utara Tak Tertib Buang Sampah

SULTENG RAYA – Lurah Birobuli Utara, Asmin Hado, geram terhadap perliaku warga di wilayahnya.
Pasalnya, warga di wilayah itu dinilainya tak tertib membuang sampah.

Ia mengaku, kerap menemukan sampah dibuang warga pada siang hari, sampah tidak di Tempat Pemanpungan Sementara (TPS) sampah. Terkadang, kata dia, dirinya menjumpai sampah berserakan di luar TPS.

“Warga di sini (Birobuli Utara, Red) masih banyak yang membuang sampah tidak beraturan. Kadang pula, mereka buang di TPS. Tapi, hanya dibuang begitu saja dari atas motor. Namun, dibiarkan berserakan,” ujar Asmin kepada Sulteng Raya di lokasi TPS di Jalan Basuki Rahmat, Senin (5/3/2018).

Selain itu, dia juga kerap mendapati pemulung membongkar tumpukan sampah di TPS, mengakibatkan sampah berhamburan ke jalan.
“Biasanya juga pemulung yang datang bongkar-bongkar sampah. Sehingga, sampah yang sudah ada di dalam TPS dibiarkan menjulur ke jalan,” kata dia.

Baca Juga :   Penularan Covid-19 Menurun, Gubernur Sulteng Ingatkan Tetap Patuhi Prokes

Armada Sampah Tak Aktif Angkut Sampah
Tak hanya itu, dia juga mengkritik kinerja armada pengangkut sampah Dinasl Lingkungan Hidup (DPH) Kota Palu yang terkesan tidak aktif melakukan pengakutan.

Sebab, kata dia, sampah di TPS Jalan Basuki Rahmat, sudah dua hari tidak diangkut. Mengakibakan, volume limbah rumah tangga di TPS itu telah melebihi kapasitas bak penampungan.

“Saya juga heran, apakah armada ini tidak ditugaskan pada hari minggu? Karena, saya melihat jumlah sampah yang ada, sepertinya tidak dilakukan pengangkutan kemarin,” keluhnya.

Ia juga menuturkan, jika di wilayahnya masih butuh bak sampah untuk ditempatkan di sejumlah TPS.
“Di area kue lapis, dua bak sampah yang kami tempatkan di Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Abdurrahman Saleh, belum cukup untuk menampung volume sampah di TPS. Jadi kami membutuhkan minimal 6 lagi bak sampah, mengingat kelurahan kami merupakan pintu utama dari arah bandara, sehingga apabila ada tamu-tamu penting yang datang di Palu, dapat melihat wajah Kota Palu telah bersih terhadap sampah,” harapnya.

Baca Juga :   Wali Kota Ajak Masyarakat Senantiasa Mengamalkan Nilai Pancasila

Semenatara itu, Kordinator Armada Pengangkut Sampah 02 DLH Kota Palu, Sudi, mengaku pihaknya memang tak melakukan pengangkutan sampah pada Ahad (4/3/2018). Karena, dirinya menghadiri acara kedukaan keluarga. Meski demikian, dia tetap bertanggung jawab terhadap pengangkutan sampah di TPS Jalan Basuki Rahmat.BAL

Komentar

News Feed