oleh

Desa Bahomakmur Dirikan Posyandu Gizi Balita

-Kota Palu-dibaca 431 kali

SULTENG RAYA – Melihat kondisi yang memprihatinkan terkait permasalahan balita yang kekurangan gizi, warga Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi berinisiatif mencari informasi tentang tata cara merawat anak balita yang kurang gizi.

Diketahui, Bahomakmur merupakan salah satu desa yang masuk pada daerah transmigrasi yang lumayan jauh dari jangkauan puskesmas. Berbekal informasi, muncullah ide untuk mendirikan pos pelayanan terpadu atau posyandu gizi bagi anak balita.

Ide tersebut kemudian disampaikan ke berbagai pihak termasuk tokoh masyarakat dan perangkat desa lainnya, untuk mensosialisasikan manfaat penyelenggaraan posyandu gizi bagi anak balita.

Waode Amanah, salah seorang kader Posyandu gizi Desa Baho Makmur mengatakan bahwa, gagasan tersebut diterima oleh semua pihak, dari dukungan itu, peningkatan pelayanan pun mulai dilakukan, seperti pemberian makanan tambahan, pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin kekebalan penyakit.

Baca Juga :   PPKM Turun Level, ‘Angin Segar’ Usaha Warung Makan

Untuk memberikan pemahaman cara penanganan bagi anak usia balita, kader posyandu Desa Bahomakmur bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Bahodopi. Selain itu, pemerintah desa setempat juga mendorong perangkat desa untuk turut bersosialisasi kepada seluruh warga.

Dijelaskannya, posyandu gizi tersebut selain melayani balita di Desa Bahomakmur, juga melayani balita dari desa-desa lain. Sedikit demi sedikit posyandu gizi mulai menunjukkan hasil, dimana anak-anak balitapun berhasil meningkat perkembangan gizinya.

Posyandu gizi Desa Bahomakmur telah membuktikan bahwa layanan posyandu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan masalah kesehatan lain yang terjadi didesanya.
Ia pun berharap agar desa-desa lainnya bisa berinisiatif untuk melakukan hal-hal positif, khususnya memberikan perhatian terhadap gizi anak balita, sehingga tidak menjadikan masalah gizi sebagai momok yang tidak dapat terselesaikan. BMG

Komentar

News Feed