oleh

Agussalim Menuju DPD RI, Perjuangkan Divestasi Ekonomi dan Pemekaran Daerah

-Politik-dibaca 501 kali

SULTENG RAYA – Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Agussalim akan memperjuangkan divestasi ekonomi dan pemekaran daerah jika terpilih menjadi anggota DPD RI pada Pemilu 2019 mendatang.

Menurut advokat rakyat ini, sebagai senator asal Sulawesi Tengah, tentu saja dirinya bakal memastikan agenda politik daerah akan diperjuangkan di tingkat nasional. Agussalim yang ditemui media ini di kediamannya, Jumat (9/2/2018), mengatakan, agenda politik daerah yang diperjuangkan pertama kali yakni divestasi ekonomi.

Karena kata dia, sudah banyak investasi masuk di daerah ini melalui BUMN maupun transnasional corporation disektor migas,nikel, sawit serta sektor – sektor lainnya.

“Skenario divestasi yang kita perjuangkan yakni mengawal investasi daerah sejak awal kontrak serta model pembagian keuntungannya seperti apa?. Kita juga akan memastikan pelaksanaan bisnis perusahaan secara sehat dengan menjalankan agenda ekonomi rakyat,”ujarnya.
Dia menjelaskan, perusahaan yang masuk ke daerah mungkin secara regulasi memenuhi semua persyaratan seperti izin usaha serta izin-izin lainnya, namun belum tentu sesuai dengan apa yang menjadi mandat rakyat.

Baca Juga :   Ahmad Ali Didorong Jadi Kandidat Wapres

Ditengah pertumbuhan ekonomi daerah melalui investasi yang masuk harus dibarengi dengan meningkatnya kesejahteraan rakyat. Olehnya kata dia, skenario divestasi ekonomi yang lebih konkrit yakni corporate social responsibility (CSR) harus transparan serta pembangunan koperasi rakyat .

Selain divestasi ekonomi, Agussalim juga mengatakan, dia bakal memperjuangkan pemekaran daerah. Menurutnya, provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki wilayah yang sangat luas, seharusnya dimekarkan menjadi tiga provinsi. Pemekaran daerah, kata dia untuk pemerataan pembangunan dan pendekatan pelayanan bagi masyarakat.

“Sulawesi Tengah seharusnya dimekarkan menjadi tiga provinsi yakni provinsi Sulawesi Timur atau Banggai Raya, Provinsi Sintuwu Maroso serta Provinsi Sulawesi Tengah sendiri,”jelasnya.

Selain itu, Agussalim juga mengatakan bahwa sebagai perwakilan daerah, dirinya akan memperjuangkan infrastruktur daerah terutama irigasi pertanian serta pelabuhan rakyat.

Baca Juga :   Ahmad Ali Didorong Jadi Kandidat Wapres

Sebagai modal untuk maju di DPD RI, Agusalim mengaku bahwa dirinya telah mengumpulkan sekitar 4 ribu KTP warga sebagai syarat pencalonan di KPU. Angka tersebut kata dia, sudah melebihi angka minimum sesuai persyaratan di KPU. Untuk sebaran dukungan, dia mengklaim memiliki basis massa di Kota Palu, Donggala, Sigi,Poso dan Buol. WAN

Komentar

News Feed