oleh

Bupati Sigi Dukung Pengentasan Demam Keong

-Kab. Sigi-dibaca 322 kali

SULTENG RAYA – Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta komitemen mendukung program-program dalam upaya pengentasan Schistosomiasis atau lebih dikenal sebagai penyakit demam keong.

Hal tersebut dilihat dari kehadiran Bupati Sigi Mohammad Irwan, bersama Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, serta Bupati Poso pada peluncuran Roadmap Eradikasi Schistosomiasis di Gedung Saleh Afif Bappenas Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Propinsi Sulawesi Tengah, Ketua DPRD Sigi dan Kabupaten Poso beserta pimpinan SKPD terkait baik dari Propinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso.

Diketahui, peluncuran Roadmap ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah untuk mendukung upaya pengentasan Schistosomiasis di Indonesia.

Penyakit demam keong disebabkan oleh cacing Schistoma Japonicum yang dapat menginfeksi manusia, keong dan hewan mamalia. Penyakit ini hanya ditemukan di Sulawesi Tengah dilima kecamatan di Kabupaten Poso dan 1 kecamatan di Kabupaten Sigi.

Secara umum Roadmap berisi strategi eradikasi, tahapan pelaksanaan eradikasi, penetapan sasaran dan target capaian, pemetaan program dan kegiatan lintas sektor, serta mekanisme pemantauan evaluasi untuk mengukur capaian.

Roadmap ini diharapkan dapat memandu arah program, kegiatan dan anggaran dari seluruh pemangku kepentingan terkait, baik di tingkat pusat dan di tingkat daerah dalam mensinergikan upaya eradikasi Schistosomiasis yang didanai APBN, APBD, maupun dana desa.FRY

Komentar

News Feed