oleh

Kades Terpilih Harus Jalankan Amanah

SR Ads

SULTENG RAYA – Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pilkades serentak di Kabupaten Parmout beberapa waktu lalu, diminta agar menjalankan amanah yang telah dipercayakan dengan baik dan tentunya tidak mengecewakan masyarakat.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati, Badrun Nggai usai melantik 16 Kades di wilayah Kecamatan Ongka Malino, Bolano, Bolano Lambunu dan Moutong di halaman kantor Kecamatan Bolano, Rabu (27/12/2017).

Dia mengatakan, jabatan merupakan titipan yang harus dijalankan dengan baik dan semata mata untuk kepentingan masyarakat.

“Jabatan ini adalah titipan. Jalankan tugas ini dengan ikhlas dan sabar. Jangan sampai mengecewakan masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya, Kades menjadi ujung tombak pelaksanaan pembangunan pada level pemerintahan desa. Sehingga, harus banyak terobosan positif yang harus dilakukan di pemerintah desa. Bahkan kata dia, Kades juga merupakan perpanjangan tangan pemerintah kabupaten, sehingga diminta berhati-hati mengelola dana desa, jangan sampai melakukan kesalahan dan berakhir di bui.

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

“Saya yakin tujuan saudara-saudara ingin menjadi Kades bukan tergiur dengan dana desa. Kalau hanya karena itu, Tuhan Maha Mengetahui apa yang ada dalam isi hati saudara. Ingat sumpah yang saudara ucapkan,”
pesannya.

Dia juga meminta kepada Kades yang telah dilantik untuk mempelajari aturan perundang- undangan, khususnya yang terkait dengan desa dan pengelolaan dana desa.

“Kepala desa harus belajar tentang aturan di desa, terutama pengelolaan dana desa. Jaga nama baik desanya jangan sampai gara gara
dana desa berakhir di Olaya (Rutan Olaya). Kades yang baru dilantik kalau tidak tahu bertanya, rembuk dengan maayarakat dan BPD,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada Dinas PMD agar tahun 2018 mendatang pada saat HUT Kabupaten Parmout dapat memilih desa terbaik dalam pengelolaan dana desa.

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

“Yang terbaik kasih penghargaan, saya kira cara ini akan memotivasi desa-desa di Parmout untuk mengelola desa-desa dengan baik,” ujarnya.

Diketahui, sebanyak 16 Kades di empat kecamatan, dilantik berdasarkan SK Bupati
Parmout Nomor: 141.45/1251/DPMD/2017.16. Kades tersebut diantaranya Desa Moutong
Barat, Pande Lalap dan Tuladenggi Pantai, Bolano, Bajo, Sritabaang, Bolano Tengah, Wanamukti Utara, Bolano utara, Sidomukti, Anutapura, Lambunu Timur, Tirtanagaya, Ongka Malino, Tinombala Jaya, Ongka
Trimuspasari dan Persatuan Utara.

Sedangkan, khusus pelantikan Kades di wilayah Kecamatan Tinombo Selatan hingga
Kecamatan Mepanga dijadwalkan akan dipusatkan di Desa Kotaraya, Kamis
(28/12/2017) hari ini.OPI

Komentar

News Feed