oleh

Bursa Cawagub Sulteng, Kans Faizal Mang Paling Kuat

SR Ads

SULTENG RAYA – Kursi Wakil Gubernur Sulteng sudah kosong sejak lebih setahun silam, menyusul meninggalnya Sudarto, wagub pendamping Gubernur Longki Djanggola. Selama setahun ini, nama pengganti almarhum Sudarto banyak menjadi perbincangan, tak hanya di kalangan internal pemerintahan dan DPRD Sulteng serta parpol pengusung pasangan Longki-Sudarto di Pilgub tahun 2015 yakni Partai Gerindra, PKB, PAN dan PBB, namun hingga ke kalangan masyarakat di Kabupaten Banggai. Pasalnya, Sudarto adalah tokoh asal Kabupaten Banggai yang pernah menjadi Bupati Banggai dua periode dan kemudian menjadi anggota DPD RI.

Karenanya, siapa yang akan menggantikan figur sekaliber Sudarto untuk menempati kursi Wagub Sulteng, akhirnya ramai diperbincangkan.
Sebelumnya, sempat muncul nama Hidayat Lamakarate sebagai figur yang berpeluang besar. Namun pejabat karir yang sempat menjadi penjabat Bupati Banggai Laut itu akhirnya kini menduduki posisi paling strategis di level birokrasi Pemprov Sulteng, yakni sekretaris provinsi.

Baca Juga :   Wabup Banggai Lepas Jenazah Almh Ruaida Pawari

Setelah Hidayat dipastikan menduduki posisi Sekprov Sulteng, sejumlah nama sempat mengemuka yakni Zainal Daud, fungsionaris PKB Sulteng serta Oskar Paudi, ketua DPW PAN Sulteng.

Namun demikian, nama-nama itu belum ditentukan oleh DPRD Sulteng, sehingga sampai kinipun, posisi Wagub Sulteng tetap kosong, dan Gubernur Longki Djanggola yang ketua DPD Partai Gerindra Sulteng masih belum mendapatkan pengganti almarhum Sudarto.
Belakangan ini, menyeruak lagi nama lain yakni Faizal Mang, mantan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulteng yang kini menduduki posisi Asisten Administrasi Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Sulteng.

Nama Faizal Mang bahkan sempat disebutkan Sekretaris KONI Sulteng, kala menyampaikan sambutan saat pembukaan Porkab Banggai belum lama ini di Luwuk.

Baca Juga :   Polisi Geledah Kios Penjual Miras CT di Mangkio

Munculnya nama Ir H Faizal Mang, MM, bahkan kembali jadi perbincangan hangat di Luwuk pada pekan ketiga Desember 2017 ini. Entah darimana sumber awalnya, namun beredar kabar bahwa namanya masuk bursa bakal calon Wagub Sulteng, bersama satu nama lain yang kurang populer di telinga masyarakat Kabupaten Banggai.

Bila menelisik dua nama yang diperbincangkan sejumlah kalangan tersebut, maka jelas, nama Faizal Mang lebih memiliki kans kuat. Ia juga bisa dianggap sebagai representasi masyarakat kawasan timur Sulawesi Tengah, karena merupakan putra Kabupaten Banggai. Bagi masyarakat Kabupaten Banggai, nama Faizal Mang juga bukan nama yang asing, sebab ia adalah pejabat karir yang pernah menduduki sejumlah posisi penting di pemerintahan Kabupaten Banggai. Saat menjadi pejabat Pemprov Sulteng, Faizal Mang juga sempat dipercayakan menjadi penjabat Bupati Bangkep, sebelum akhirnya kembali ke jajaran Pemprov Sulteng.

Baca Juga :   Polsek Bunta Bubarkan Warga Sedang Asyik Pesta Miras

Meski demikian, soal jadi atau tidaknya nama Faizal Mang menggantikan posisi Wagub Sulteng pasca mangkatnya Sudarto, semuanya masih akan berproses. BR

Komentar

News Feed