oleh

Pemkab Poso Bangun Akses Jalan Wisata Megalitik

-Kab. Poso-dibaca 412 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso akan membangun akses jalan wisata megalitik di Kecamatan Lore bersaudara.
Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Poso, Ir. Samsuri kepada sejumlah awak media usai menyampaikan materi pada acara konsultasi publik tekait rancangan revisi zonasi taman Nasional Lore Lindu di salah satu hotel di Poso, Rabu (20/12/2017).

Diketahui, konsultasi yang dihadiri pihak balai taman Nasional itu dihadiri oleh sejumlah elemen tokoh masyarakat Poso serta sejumlah pegiat NGO (LSM).

Wabup Samsuri mengatakan bahwa, selama ini yang menjadi kendala pengembangan potensi wisata megalitik di wilayah Kecamatan Lore bersaudara adalah tidak ada sarana jalan yang menghubungkan antara wilayah Kecamatan Lore Barat dan wilayah Kecamatan Lore Tengah, khususnya yang melintas antar dua desa yakni Desa Lolio dan Desa Doda. Dimana di lokasi kedua desa inilah terdapat berbagai destinasi patung megalitik yang sangat diminati wisatawan.

Baca Juga :   Dua Warga Poso Tewas Usai Diduga Alami Tindak Kekerasan

Lanjut Samsuri, dalam konsultasi tersebut pihak balai taman Nasional telah menyetujui dibangunnya jalan yang melintas di lokasi taman Nassional Lore Lindu, selama tidak merusak lingkungan yang ada.

“Olehnya saya telah memerintahkan untuk dibuat kajian Amdal terkait rencana proses pembangunan jalan sepanjang 28 KM yang menghubungkan wilayah kecamatan Lore Bara dan Lore Tengah,” kata Samsuri yang ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakannya, pembangunan jalan penghubung ini rencana akan dilaksanakan pada 2018 yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Poso. Dimana jalan ini akan menjadi jalan lingkar Kabupaten Poso serta jalan lingkar wisata.

Menurutnya, keinginan yang kuat Pemkab Poso untuk membangun jalan lingkar wisata megalitik yang ada di wilayah Kecamatan Lore bersaudara ini, tidak terlepas akan destinasi wisata megalitik yang hanya ada di dua negara yakni, wisata berbagai patung megaltik milik bangsa (Suku) Astek yang ada di negara Meksiko serta di Indonesia yang hanya ada di Kabupaten Poso yang terdapat di Kecamatan Lore Bersaudara.SYM

Baca Juga :   Dua Warga Poso Tewas Usai Diduga Alami Tindak Kekerasan

Komentar

News Feed