oleh

Non ASN dan Perangkat Desa Jadi Sasaran BPJS TK Palu

-Kota Palu-dibaca 478 kali

SULTENG RAYA – Non Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Perangkat Desa di Kabupaten Sigi, jadi sasaran Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (TK) untuk diikutkan dalam kepesertaan perlindungan sosial BPJS TK.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPJS TK Kantor Cabang Palu, Muhyidin DJ pada pelaksanaan focus group discussion (FGD) bersama Pemerintah Kabupaten Sigi di Hotel BW Plus Coco Palu, Rabu (13/12/2017).

Kegiatan itu sebagai tindak lanjut surat edaran Menteri Dalam RI Negeri Nomor: 140/8840/57 Tanggal 27 November 2017 tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa.

“Kegiatan itu diselenggarakan oleh BPJS TK Cabang Palu dalam rangka tindak lanjut surat edaran dari Mendagri terkait instruksi Mendagri untuk mendaftarkan Perangkat Desa sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Muhyidin Dj.

Baca Juga :   Gubernur Dorong Percepatan Pembangunan Bandara Perintis di Balut

Ia berharap, FGD itu dapat menghasilkan pedoman teknis pelaksanaan jaminan sosial bagi non Asn dan aparatur desa.
Perlu diketahui, di Kabupaten Sigi terdapat 176 desa. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2013, bagi pegawai pemerintah non ASN termasuk tenaga kerja yang wajib terdaftar pada program jaminan sosial.

Adapun program BPJS TK, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).
“Hanya Rp9.761 per bulan , non ASN dan perangkat desa sudah terlindungi dengan program JKK dan JKM,” tuturnya.
Pada kesempatan itu, hadir Wakil Bupati Sigi Paulina, Kadis DPKAD Kabupaten Sigi, Kadis Naker Kabupaten Sigi, Kepala BKD Kabupaten Sigi, Sekretaris DPMD Kabupaten Sigi serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah terkait di lingkungan kerja Pemkab Sigi.*/HGA

Komentar

News Feed