oleh

Ketua RT Berperan Mengawsi TPS

-Kota Palu-dibaca 503 kali

SULTENG RAYA – Ketua RT di masing-masing kelurahan khususnya di Kecamatan Palu Barat memiliki peran mengawasi tempat pembuangan sementara (TPS).

Hal itu dikatakan, Camat Palu Barat, Asrul Saleh, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Kebersihan Jasa Usaha Umum Serta Peluang Usaha Bank Sampah yang dilaksanakan di Kantor Camat Palu Barat, Rabu (13/12/2017).

“Titik-titik TPS yang telah ditetapkan, diharapkan dapat dimanfaatkan warga secara maksimal. Dan para Ketua RT ikut berperan mengawasi pembuangan sampah,” kata Asrul.

Saat ini, kata dia, pihaknya lagi aktif berkoordinasi dengan seluruh lurah di Kecamatan palu Barat agar mengajak para ketua RT melakukan pengawasan terhadap warganya yang membuang sampah di sembarangan tempat. Karena, kata dia, masih banyak dijumpai lahan kosong menjadi sarana alternatif warga sebagai TPS. Sementara, sudah ada titik TPS yang ditetapkan.

Baca Juga :   Pemkot Siap Dukung Metode Demplot

“Kami minta agar setiap RT ikut berperan dalam mengawasi lokasi yang menjadi titik TPS serta tidak membiarkan warga membuang sampah di lahan kosong,” ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya juga kerap mendapatkan keluhan warga yang menyebut bahwa pihaknya membutuhkn tambahan titik TPS. Menyikapi hal itu, pihaknya telah mengusulkan keluhan warga itu kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu.

“TPS sudah kami usulkan kepada DLH Kota Palu, agar TPS ditambah dengan harapan tidak ada lagi orang yang membuang sampah di lahan yang tidak berpenghuni atau lahan kosong,” ucap Asrul. TMG/HGA

Komentar

News Feed