oleh

Tatura Selatan, Butuh Simulasi Tanggap Bencana

-Kota Palu-dibaca 394 kali

SULTENG RAYA – Luraha Tatura Selatan, Zamrud, mengungkapkan pihaknya butuh simulasi tanggap bencana, khususnya bencana banjir oleh dinas terkait di wilayahnya. Mengingat, sekitar 70 rumah warga dibantaran sungai di wilayah itu.

Menurut dia, hal itu sebagai antisipasi datangnya bencana banjir. Terlebih, sepekan terkahir curah hujan di Kota Palu terbilang tinggi. Dengah harapan, kata dia, warga setempat dapat mengetahui tindakan yang harus dilakukan jika terjadi banjir serta mengetahui titik evakuasi.

“Kami juga sudah sering melakukan kunjungan dan sosialisasi kepada sejumlah warga yang bermukim di bantaran sungai. Untuk mengimbau warga agar selalu waspada jika debit air sungai meningkat,” ujarnya kepada Sulteng Raya, Kamis (14/12/2017).

Baca Juga :   PLN Suluttenggo Bakal Suplai Listrik PT ATS Sebesar 170 MVA

Ia menuturkan, warga setempat sangat membutuhkan adanya bimbingan teknis cara mengevakuasi diri dan keluarga jika terjadi banjir dari luapan sungai. Sehingga, kata dia, warga sekitar paham betul tindakan pertama yang dilakukan jika terjadi banjir di wilayah itu.

Pada dasarnya, kata dia, sesuai aturan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di bantaran sungai diperbolehkan membangun rumah dengan jarak 25 meter dari tanggul sungai.

“Namun, untuk melarang atau mengarahkan mereka untuk tidak membangun, agak sulit rasanya. Karena secara umum warga yang bermukim di bantaran sungai merupakan warga yang telah lama membangun di area itu. Bahkan, mereka telah beranak cucu. Sehingga, untuk melarang ataupun pindah sekalipun, sudah tidak mungkin lagi. Jadi, salah satu yang bisa diupayakan adalah memberikan pemahaman terkait tanggap darurat kepada mereka,” tuturnya.

Baca Juga :   SFY Sulteng Agendakan Berbagi Bersama Kaum Dhuafa

Dia berharap, dinas terkait segera melakukan sosialisasi dan simuasi tanggap bencana banjir di wilyah itu. Sehingga, kata dia, warga sekitar dapat mengetahui lahkah-langkah yang harus dilakuan jika terjadi banjir.ADK

Komentar

News Feed