oleh

DLH Palu Bersihkan Bantaran Sungai di Losel

SULTENG RAYA – Timbunan sampah di bantaran sungai di Jalan Sulawesi Kelurahan Lolu Selatan dibersihkan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu menggunakan alat berat jenis loder milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Selasa (12/12/2017).

Rencananya, bantaran sungai yang penuh timbunan sampah itu, sudah lama dijadikan warga sekitar sebagai tempat pembuangan sementara (TPS). Namun, kata dia, sebenarnya, tempat itu bukanlah TPS. Namun, pasca dibersihkan oleh pihak DLH Kota Palu, maka rencananya tempat itu akan ditetapkan sebagai TPS dan akan ditempatkan kontainer sampah di tempat itu. Sehingga, kata dia, tidak ada lagi warga yang sembarang membuang sampah di bantaran sungai.

Kumala Digifest

“Wilayah itu akan dijadikan TPS, yang nantinya akan ditempatkan container. Pengerjaan perataan timbunan tersebut menggunakan alat berat loder, sehingga hanya membutuhkan waktu satu jam pengerjaan sudah selesai,” ujar dia Kepada Sulteng Raya, Selasa (12/12/2017).

Baca Juga :   Dishut Sulteng Ajak Masyarakat Tanam dan Rawat Pohon
Akibat tidak adanya kontainer ditempat itu, menyebabkan sampah yang di buang warga berserakan kemana-mana ditiup angin serta dihambur binatang.

Dia menegaskan, pihaknya bersama Satuan Tugas (Satgas) K5 Kelurahan Lolu Utara, akan terus mengawasi dan mengimbai warga di wilayah itu, agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di bantaran sungai.

“Sebenarnya, kami sanga intens mengimbau warga di wilayah itu agar tidak membuang sampah di bantaran sungai. Tetapi, masih saja ada warga yang sering kali membuang sampah di bantaran sungai tersebut, hal itu dikarenakan kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan masih kurang,” jelasnya.

Dia menuturkan, kedepannya pihaknya akan melakukan rapat bersama lembaga adat membahas pemberian sanksi bagi warga yang melanggar peraturan, utamanya masalah kebersihan. Karena, Pemkot Palu telah menetapkan waktu pembuangan sampah yang tidak boleh dilanggra, yakni pukul 18.00 sampai 06.00 Wita.

Baca Juga :   Pekan Ini, Alfamidi ‘PHP-in dan HAP’ Masyarakat Sulteng

Dia berharap, adanya imbauan dan pengawasan yang dilakukan Satgas K5 dapat menumbuhkan kesadaran masyarkat untuk mencintai lingkungan dan menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga, kata dia, tidak ada lagi warga yang menjadikan bantaran sungai sebgai tempat pembuangan sampah.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Persampahan dan Pengolahan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) DLH Kota Palu, Muhammad Iqbal, didampingi Lurah Lolu Selatan, Nukman Lawenga serta Bahabinkamtibmas dan bhabinsa Kelurahan Lolu Utara, turun ke lapangan memantau dan pengawasan pengerjaan perataan timbunan di bantaran sungai jalan Sulawesi. ADK

Komentar

News Feed