oleh

Rastra Kayumalue Pajeko Lambat Disalurkan

-Kota Palu-dibaca 417 kali

SULTENG RAYA – Beras Sejahtera (Rastra) di Kelurahan Kayumalue Pajeko lambat disalurkan kepada warga. Pasalnya, berdasarkan surat masuk kepada pihak kelurahan, rastra seharusnya telah dissalurkan sejak 21 November 2017 lalu.

Salah satu penyebab leterlambatan penyaluran rastra itu, karena adanya perubahan sistem oleh pihak Bulog, yakni pemeritah kelurahan diwajibkan melunasi seluruh rastra sebelum disalurkan ke penerrima rastra. Hal itu diungkapkan oleh Staf Kelurahan Kayumalue Pajeko, Suhardi kepada media ini.

“Karena sistem distributor sudah berubah, membuat penyaluran rastra agak terlambat. Rastra itu disalurkan dua bulan sekali. Agak lambat memang karena masyarakat juga lambat membayar rastra,” jelas Suhardi kepada Sulteng Raya.

Seperti diketahui, sebanyak 5.940 kilogram rastra yang akan disalurkan kepada 198 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Kayumalue Pajeko. Sesuai mekanisme atau aturan yang berlaku, setiap KK mendapatkan jatah 30 kg rastra dengan harga Rp1.600 per kg.
“Saat ini, sebagian rastra telah disalurkan kepada warga,” jelasnya.

Baca Juga :   Fenomena La Nina, Masyarakat Diminta Waspada

Namun, kata dia, beberapa rastra yang disalurkan kepada warga mengalami penyusutan berat. Hal itu,kata dia, akibat proses pengangkutan.

“Masyaratakat sangat merespon baik adanya rastra. Karena sangat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. Sejauh ini, penyaluran rastra berjalan lancar dan tidak ada kendala,” kata dia.

Dia berharapa, kedepannya ada penambahan jumlah warga yang menerima Rastra. Karena, kata dia, saat ini di Kelurahan Kayumalue Pajeko banyak rumah tangga baru yang belum terdata sebagai penerima rastra.

“Jika melihat kondisi pertumbuhan jumlah KK di Kayumalue Pajeko, masih banyak yang belum terdata sebagai penerima rastra. Kita berharap, ke depannya, mereka yang baru memberntuk KK baru bisa dimasukkan dalam daftar penerima rastra. Rastra sangat membantu masyarakat,” tuturnya.ADK/HGA

Komentar

News Feed