oleh

Maulid Nabi di SMKN 3 Palu, Lomba Barakah Bina Karakter Siswa

SULTENG RAYA- Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriah, di SMK Negeri 3 Palu, dimeriahkan dengan Lomba Barakah. Barakah adalah hiasan kertas minyak yang pada kayu atau pohon pisang, yang ditempelkan berbagai macam buah-buahan dan makanan.

Kepala SMKN 3 Palu, Triyono mengatakan, Lomba Barakah ini merupakan suatu kreasi yang dibuat siswa-siswi SMKN 3 Palu dibimbing oleh para guru. “Sehingga siswa muncul semangat atau ide dalam bekerja secara kelompok untuk membuat suatu hiasan, dengan berbagai macam kreasi yang ditampilkan dalam lomba barakah,” katanya.

Lomba barakah ini, baru pertama kalinya dilaksakan oleh SMKN 3 Palu, dengan harapan dapat memberikan nuansa baru dalam rangka pembinaan karakter melalui hari-hari besar keagamaan.

Baca Juga :   Kadisdikbud: Terdapat Empat Pilar Permasalahan Pendidikan Kota Palu

Dia mengungkapkan, sekitar 68 kelas mengikuti lomba ini, jika dipresentasikan, sebanyak 90 persen siswa turut serta memeriahkan Lomba Barakah. “Jika biasanya digelar mononton di dalam masjid, pengajian dan mendengarkan ceramah di dalam ruangan, mungkin siswa bisa bosan. Sehingga kami kali ini kombinasikan, selain mendengarkan ceramah agama, kami juga mencoba meningkatkan kreativitas siswa melalui Lomba Barakah,” ujarnya.

Triyono berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat, baik untuk siswa maupun bagi sekolah, sehingga apa yang diharapkan berupa pengembangan karakter yang baik dapat terwujud. AMI

Komentar

News Feed