oleh

BRI Syariah Salurkan KUR Rp8 Miliar

-Ekonomi-dibaca 375 kali

SULTENG RAYA – BRI Syariah Cabang Palu sebagai satu-satunya bank syariah yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis syariah, hingga Oktober tahun ini telah merealisasikan penyaluran pinjaman sebesar Rp8 miliar dengan nilai pinjaman sebesar Rp25 juta per orang.

“Kami merupakan satu-satunya bank syariah yang dipercaya pemerintah dalam menyalurkan KUR di Sulteng dengan skema pinjaman syariah. Program ini diperkenalkan bulan tiga (maret 2017) dan bulan 10 sudah tersalurkan Rp8 miliar sesuai dengan kuota yang ditetapkan pemerintah kepada kami. Penyaluran terbanyak saat bulan 6 atau saat menjelang lebaran,” kata Pemimpin Cabang BRI Syariah Palu, M Zairul Haq di kantornya, Selasa (21/11/2017).

Menurut Zahirul, animo masyarakat untuk mengajukan pinjaman KUR ke BRI Syariah sangat tinggi. Hal itu terlihat dari cepatnya penyerapan KUR dan tingkat pengembaliannya yang lancar karena pangsa pasar yang diberikan pinjaman adalah kalangan pengusaha UKM mikro yang telah mengembangkan usahanya sejak lama.

Baca Juga :   Kompetisi Modifikasi Online Customaxi 2021 Resmi Dimulai

“Dalam menyalurkan KUR, kami mensyaratkan pelaku usaha yang sudah mempunyai usaha ataupun yang baru mempunyai usaha. Dalam pengajuan KUR tidak disyaratkan adanya agunan karena merujuk pada ketentuan pemerintah KUR diperuntukkan untuk UKM mikro,” terangnya.

Selain KUR, BRI Syariah Cabang Palu merupakan bank syariah yang dipercaya Kementerian PUPR untuk menyalurkan KPR bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah Sulteng. “Kami merupakan satu-satunya bank berlabel syariah yang menyalurkan KPR subsidi dan saat ini sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pengembang dalam menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan nilai Rp129 juta per unit,” ujarnya.

Skema dalam penyaluran KPR subsidi syariah ini adalah pihak BRI Syariah membeli rumah dari pengembang dan selanjutnya pihak bank menjual kepada masyarakat melalui konsep mudharabah. HAI/TMG

Komentar

News Feed