oleh

Ibu Pembuang Bayi di Petobo Ditangkap

-Kota Palu-dibaca 444 kali

SULTENG RAYA – Kasus pembuangan bayi di Jalan Nambo, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Jumat (17/11/2017) lalau sekira pukul 15.00 wita, akhirnya terungkap setelah pelaku berhasil ditangkap.

Kapolres Palu, AKBP Mujianto melalui Paur Humas Aipda I Kadek Aruna mengatakan bahwa setelah dilakukan penyelidikan pada Senin (20/11/2017) pukul 21.00 wita, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Petobo Polsek Palu Selatan, Brigadir Moh Ridho Ponulele, Bripka Dedi dan Aipda Budinovrizal bersama Babinsa, Ketua Adat, Lurah Petobo dan pegawai Kelurahan Petobo berhasil mengamankan pelaku pembuangan bayi yang diketahui perempuan berinisial SF (35).

Dikatakannya, setelah dilakukan interogasi, pelakunya tidak lain adalah ibu kandung dari bayi tersebut. Motif pelaku melakukan aksi keji tersebut karena memiliki masalah dalam keluarganya.

Baca Juga :   Dokumentasi Pemilu dan Pilkada Bisa Diakses di Web KPU Kota Palu

“Pelaku telah diamankan di Polres Palu Unit PPA untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut,” katanya.

Dirinya menjelaskan, untuk sementara pelaku dijerat dengan Pasal 80 ayat 3 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang berbunyi, kekerasan yang dilakukan terhadap anak di bawah umur yang mengakibatkan korban meninggal dunia diancam paling lama 15 tahun kurungan penjara dan denda paling banyak Rp 3.000.000.000.00 (Tiga Miliar Rupiah).

“Selain itu, pelaku juga diancam Pasal 194 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan yang berbunyi, setiap orang dengan sengaja melakukan aborsi tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat 2 yang berbunyi, larangan melakukan aborsi dapat dikecualikan berdasarkan indikasi kedaruratan medis, kehamilan akibat perkosaan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1.000.000.000 (Satu Milyar Rupiah),” tegas mantan Kanit Dikyasa Satlantas Polres Palu itu.

Baca Juga :   HUT ke-47 Gegana, Brimob Polda Sulteng Gelar Pensucian Tunggul

Sebelumnya, warga Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan, digegerkan dengan ditemukannya mayat bayi jenis kelamin laki-laki mengambang di pinggir pematang sawah di Jalan Nambo, Jumat (17/11/2017).
Kondisi mayat bayi itu, sudah bengkak dan menimbulkan bau busuk yang menyengat. Penemuan itu sempat mengundang perhatian warga.
Penemuan mayat bayi itu, ditemukan oleh salah seorang warga di Jalan Nambo RT 01, RW 02, Afandi, yang mencium bau tidak sedap di sekitar rumahnya.
Dia mngaku, setelah menemukan mayat, dia langsung melaporkan kejadian itu ke Satuan Tugas (Satgas) K5 kelurahan setempat. Mayat langsung dievakuasi ke Rumash Sakit Bayangkara oleh pihak kepolisian guna penyelidikan lebih lanjut.YAT/HGA

Komentar

News Feed