oleh

PPP – Nasdem Bentuk Satu Fraksi

-Politik-121 views

SULTENG POST – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang memperoleh dua kursi dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memperoleh satu kursi dipastikan akan membentuk satu fraksi gabungan di DPRD Kota Palu.

Hal ini dikatakan Anggota DPRD Terpilih PPP, Ridwan Alimuda kepada media ini usai melaksanakan gladi kotor pelantikan di Gedung DPRD Kota Palu, Ahad (7/9).

“Hubungan dan komunikasi politik dengan Partai Nasdem sudah ada kesepakatan untuk membentuk satu fraksi di DPRD Kota Palu, Kalau untuk Ketua Fraksi, dari Partai Nasdem,” katanya.

Hal senada dikatakan caleg terpilih dari Partai Nasdem, Rudi Permesta Mustaqim. Pihaknya telah menjalin komunikasi dengan partai berlambang Ka’bah tersebut dan PPP merespon yang baik.

“Kita sudah komunikasikan dengan PPP, dan ada Respon dari Pihak PPP,” katanya.

Selain PPP, Rudi Permesta mengatakan, Partai Nasdem juga telah melakukan komunikasi dengan partai lain, namun hanya PPP yang menyepakati koalisi tersebut.

“Satu atau dua hari ini akan kita bereskan semua dan kemungkinan yang jadi Ketua Fraksi dari Partai Nasdem,” ujar politisi yang terpilih dari Dapil Palu IV itu.

PPP dan Nasdem merupakan dua partai yang perolehan kursinya belum mencukupi untuk membentuk fraksi murni di DPRD Kota Palu. Fraksi dapat terbetuk jika memperoleh minimal 3 kursi. Hal tersebut Sesuai Aturan UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD) pada pasal 374 ayat 3 disebutkan bahwa suatu fraksi bisa dibentuk paling sedikit sama dengan jumlah komisi yang ada DPRD Kabupaten/Kota.

Dengan terbentuknya fraksi gabungan PPP-Nasdem dapat dipastikan fraksi yang ada di DPRD Kota Palu sebanyak 9 fraksi.

Fraksi-fraksi yang dapat terbentuk yaitu Fraksi Golkar (6 kursi), Fraksi Gerindra (6 kursi), Fraksi Hanura (4 kursi), Fraksi PAN (4 Kursi), Fraksi PKS (3 Kursi), Fraksi Demokrat (3 kursi), Fraksi PDIP (3 kursi), Fraksi PKB (3 Kursi) serta Fraksi Gabungan Nasdem – PPP yang memperoleh masing-masing dua kursi dan satu kursi. WAN

 

Komentar

News Feed