oleh

Pelayanan BPN Poso Dikeluhkan Warga

-Kab. Poso-dibaca 595 kali

SULTENG RAYA – Sejumlah masyarakat Kabupaten Poso mengeluhkan pelayanan pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Poso, terkait lambatnya proses pengurusan sertifikat tanah milik warga.

Seperti yang dikatakan Yusran Ma’aruf, warga Kelurahan Lawanga ini menyesalkan pelayanan dari pihak Kementerian ATR/BPN kantor Pertanahan Poso yang dinilai tidak profesional dan terkesan lambat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pasalnya, kata Yusran sudah lebih lima bulan dirinya mengurus serfitikat tanah, namun sertifikat tersebut tak kunjung selesai dibuat.

Padahal kata Yusran, seluruh ketentuan berupa persyaratan untuk memperoleh sertifikat telah dipenuhinya.
“Mulai melakukan pendaftaran semua persyaratan telah kami penuhi, namun herannya hingga lima bulan terakhir sertifikat tak kunjung kami terima,” kata Yusran yang berprofesi sebagai Advokat ini.

Baca Juga :   Orang Tua Hamzah DPO Teroris Poso Minta Anaknya Segera Pulang

Semetara itu, pihak Kementerian ATR/BPN kantor Pertanahan Poso melalui Kepala Seksi II Bidang Hukum Kementerian ATR/BPN kantor Pertanahan Poso, Jusmas menyatakan bahwa pihaknya belum maksimal dalam memberikan pelayanan bukan karena faktor kesengajaan.

Menurutnya, selain banyak masyarakat yang mengurus sertifikat tanah, jumlah tenaga yang ada di Kementerian ATR/BPN kantor Pertanahan Poso masih sangat kurang, sehingga banyak hal-hal yang sifatnya teknis belum dapat tersentuh.
“Banyak pegawai kita yang sudah pensiun, namun belum ada penggantinya. Tahun ini saja hanya ada satu pegawai baru,” kata Jusman saat ditemui Sulteng Raya di ruang kerjanya, Kamis (9/11/2017).

Namun demikain Jusman menyatakan, pihaknya akan tetap berupaya bekerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik baiknya. SYM

News Feed