oleh

PMI Sigi Gelar Latgab PMR

-Pendidikan-dibaca 657 kali

SULTENG RAYA-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sigi menggelar latihan gabungan Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Sigi, 3 November 2017 di Perkemahan Bumi Paneki. Latgab dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sitti Sudarmi.

Bupati Sigi melalui Staf Ahli berpesan agar peserta mengikuti latihan dengan baik. Bupati juga menekankan pentingnya generasi muda hidup sehat dan menjauhi obat-obatan terlarang (Narkoba).

Ketua PMI Sigi, Dr Ir HM Agus Rahmat Lamakarate, MES berharap Latgab melahirkan kader muda PMI yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Sebagai generasi muda pelanjut pembangunan bangsa lanjut Agus, PMR menjadi salahsatu ujung tombak membangun Sigi damai dalam keberagaman tanpa memandang perbedaan suku, ras dan agama. “Prinsip universal kemanusiaan ini seperti motto PMI, siamo tuti frateli. Kita semua bersaudara,” kata Agus di depan 400 peserta Latgab, yang teriri dari utusan dua SD, Sembilan SMP, 10 SMA, dan pembina PMR di sekolah.

Baca Juga :   MOMEN HGN DAN HUT KE 76 PGRI, Insan Pendidikan di Wilayah IV Palu Barat-Ulujadi Berbagi Sembako

Dikatakan Agus, Latgab merupakan upaya aktif PMI Sigi menjalankan Keppres Nomor 25 Tahun 1950 yang memerintahkan PMI menjadi yang terdepan dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan pelayanan kepalangmerahan.

“Latgab PMR ini bagian dari upaya PMI untuk memupuk dan mengader generasi muda seputar kepalangmerahan. Harapannya lepasan Latgab ini menjadi agen kepalangmerahan dimana mereka berkiprah,” tegas Agus.

Dalam sambutannya Agus juga menekankan pentingnya aksi donor darah sebagaimana amanah Keppres Nomor 18 tahun 1980, yang menugaskan PMI dalam pelayanan transfuse darah yang dibutuhkan masyarakat.

“Kegiatan ini juga sebagai wadah PMR untuk belajar menjalankan peran sebagai pendukung sebaya, model sebaya, dan pendidik sebaya, peer support, peer educator, and peer leader,” pungkas Agus.

Baca Juga :   Disdikbud Sulteng Akan Lakukan Evaluasi PTMT

Selain materi dasar dan teknik kepalangmerahan, Latgab juga diisi dengan materi seputar bahaya penyalahgunaan Narkoba dari BNN Provinsi Sulteng.
Hadri dalam Latgab utusan dari PMI Banggai sebagai peninjau, Ketua PMI Provinsi Sulteng, Kepala Markas PMI Provinsi Sulteng dan para fasiltator. */AMI

News Feed