oleh

Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Terpencil

SULTENG RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi memprogramkan pelayanan kesehatan melalui pengobatan gratis untuk masyarakat yang berada di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kesehatan sehingga tercapai derajat kesehatan yang merata.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dr.Rika F Sakaruddin, kepada Sulteng Raya belum lama ini.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan program dari Dinkes Bidang UKM yang dilaksanakan setiap tahunnya. Sebab, beberapa wilayah di Kabupaten Sigi sulit dijangkau dan berada di daerah terpencil, sehingga belum terjangkau oleh tenaga kesehatan.

“Sebagaimana keinginan bapak Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta tentang pelayanan dasar khususnya di bidang kesehatan, harus mampu menjangkau semua lapisan masyarakat terutama masyarakat miskin. Menindaklanjuti hal tersebut, Dinkes Sigi, melalui Bidang UKM setiap tahunnya memprogramkan kesehatan dan pelayanan gratis khusus untuk masyarakat yang berada di daerah-daerah terpencil,” katanya.

Lanjut dr.Rika, program kesehatan dan pelayanan gratis ini meliputi, pengobatan, tes skrining atau pelayanan kesehatan, pemberian obat dan sunatan massal.

“Untuk tahun ini, kita fokus di Kecamatan Pipikoro dan setiap kali turun pasti paket, ada dokter dan perawatnya, untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal ,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, guna mendukung program Sigi Masagena saat ini Bidang UKM Dinkes Sigi tengah menyusun konsep program Sigi Sehat Sigi Masagena (Sagesima) dengan lima pilar diantaranya, Satuan Tugas (Satgas) Sagesima, Gerakan Sejuta Telur, Kabupaten Sigi Sehat 2018, Kartu Sigi Masagena (KSM) dan Desa Toga Sigi, untuk mensukseskan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

“Insha Allah Sagesima kita akan lounching bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional pada tanggal 17 November 2017 yang dipusatkan di Kecamatan Dolo. Dan rencananya akan dilaksanakan dua hari dan melibatkan 19 puskesmas yang ada di Kabupaten Sigi,” tuturnya. FRY

News Feed