oleh

Sambut HANI dengan Car Free Day

SULTENG RAYA- Provinsi Sulawesi Tengah, telah masuk urutan ke 15 pengguna terbesar narkotika di Indonesia. Saat ini tercatat pengguna narkotika di Sulawesi Tengah di tahun 2016 telah mencapai 39.810 orang.

Kota Palu sendiri sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah, menjadi penyumbang urutan ke-2 penyalahguna terbesar di Sulawesi Tengah setelah Kabupaten Parigi Moutong.

Kota Palu, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Tahun 2015 tercatat sebanyak 223 pelajar yang terjaring dari 10 sekolah yang dijangkau, sementara di tahun 2016 sebanyak 347 siswa yang terjaring dari 30 sekolah yang dijangkau, untuk tahun 2017 ini, sudah mencapai 410 siswa yang terjaring dari 10 sekolah yang sempat dijangkau dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

Hal ini menjadi pekerjaan rumah dari tahun ke tahun pemerintah khusunya Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu untuk menekan penurunan penyalahgunaan tersebut.

Salah satu upaya menekan penyalahgunaan tersebut dalam bentuk turun langsung di tengah-tengah masyarakat, salah satunya adalah pada hari Ahad di Anjungan Nusantara Palu.

“Ini kan hari Car Free Day (CFD), kita bisa kumpul bersama masyarakat berolahraga bersama, sekaligus sosialisasi,” tutur Kepala BNN Kota Palu, AKBP Sahidi, saat ditemui di Anjungan Nusantara Palu, Ahad (9/7/2017).

Dengan harapan kata Sahidi, sosialisasi tersebut dapat menurunkan tingkat revalensi di masyarakat, karena sesuatu yang disampaikan secara berulang-ulang itu akan melekat dipikiran orang yang mendengarkan. “Kita tidak bisa bosan turun di masyarakat,” tambah Sahidi.

Kegiatan ini juga kata Sahidi, bagian dari rangkaian kegiatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang akan dilaksakan secara serentak pada tanggal 13 Juli 2017. Untuk Kota Palu dipusatkan di Aula Kampus IAIN Palu, sementara BNN Provinsi dipusatkan di Kabupaten Sigi.

Dalam kegiatan itu, BNN Provinsi dan BNN Kota Palu juga membagikan sejumlah hadiah doprais kepada pengunjung yang dapat menjawab sejumlah pertanyaan yang disampiakan secara bergilir oleh pejabat BNN Provinsi Sulawesi Tengah maupun BNN Kota Palu. AMI

Komentar

News Feed