oleh

Kebutuhan Pokok Segar Meningkat

SULTNG RAYA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan pasca ramadhan beberapa kebutuhan pokok segar mengalami kenaikan.

Demikian dikatakanKepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulteng, Zainuddin Hak, kepada Sulteng Raya, Selasa (4/7/2017).

Menurutnya, kenaikan harga tersebut hanya terjadi pada kebutuhan pokok segar, diantaranya bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit merah. Sedangkan untuk kebutuhan pokok olahan harganya tetap stabil.
Berdasarkan pantauan Disperindag Sulteng, kenaikan harga bawang putih dimungkinkan karena stok dari pihak Bulog telah habis.

“Kami juga belum dapat informasi pasti dari Bulog, tetapi sementara ini stoknya sudah tidak ada masuk di pasar, sehingga harganya naik kembali, karena Bulog ini yang menjadi stok penyangga untuk mengstabilkan harga khususnya bawang putih,” jelasnya.

Baca Juga :   Kurma Khalas dan Golden Paling Dicari Masyarakat

Sedangkan untuk stok bawang merah, pihaknya juga menyatakan bahwa stoknya mengalami kelangkaan, karena pasokannya saat ini berasal dari daerah-daerah antar pulau.

“Nah, memang keberadaan bawang merah kita di Palu ini stoknya lagi berkurang, karena biasanya pasokan bawang merah ini kebanyakan masuk dari daerah Sulawesi Selatan, dan saat ini mereka telah selesai panen, sehingga pasokan yang masuk saat ini berasal dari daerah Jawa,” ungkapnya.

Untuk harga stok bawang putih saat ini berkisar Rp 38 ribu perkilo dari harga sebelumnya Rp 30 ribu, sedangkan bawang merah Rp 35 ribu perkilo dari harga Rp 25 ribu dan cabai merah Rp 60 ribu perkilo dari harga sebelumnya Rp 55 ribu. HYT

Baca Juga :   BSI Area Palu Mulai Migrasi Rekening Eks BRIS-BNIS

Komentar

News Feed