oleh

Penyetoran Biaya Haji, Kemenag Sulteng: Pelayanan Sudah Satu Pintu

-Kota Palu-dibaca 389 kali

SULTENG RAYA – Kementerian Agama (Kemenag) RI perwakilan Sulteng menginstruksikan seluruh kemenag kabupaten/kota se Sulteng untuk memberlakukan pelayanan satu pintu dalam penyetoran pelunasan biaya haji 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Sulteng, Gasimyamani, kepada Sulteng Raya, beberapa hari yang lalu.

“Sebenarnya program satu atap ini dicanangkan pada tahun ini, namun kami belum bisa paksakan dimasing-masing kabupaten/kota untuk diberlakukan secara serentak. Tapi Insya Allah untuk di 2018, seluruh kemenag kabupaten/kota se Sulteng sudah harus melaksanakan program pelayanan satu atap,” kata Gasimyamani.

Saat ini kata dia, yang sementara menjalankan program satu atap, baru Kemenag Kota Palu, karena baru mereka yang launching tahun ini. Meskipun saat ini sebagian kabupaten-kabupaten juga sudah ada yang memprogramkan. Tapi belum resmi sebelum melakukan launching. Karena nantinya ada penandatanganan MoU.

Baca Juga :   Program Keringanan Utang di KPKNL Berakhir Desember 2021

Sementara itu, pihaknya juga mengimbau kepada setiap calon jemaah haji yang melakukan penyetoran pembayaran biaya pelunasan haji harus dilakukan lansung oleh jemaah yang bersangkutan.

“Kita mengharapkan kepada masyarakat agar melakukan penyetoran langsung tanpa melalui perantara ke Bank-bank yang sudah ditetapkan Kemenag RI atau ke pelayanan satu atap di kemenag yang ada dimasing-masing daerah Sulawesi Tengah,” tuturnya.

Dikatakannya, untuk melakukan penyetoran, calon jemaah haji yang mendapatkan halangan atau usia lanjut bisa melalui prantara dalam melakukan penyetoran biaya pelunasannya.

“Tapi prantaranya jangan orang yang tidak dikenal. Paling tidak keluarga terdekatnya dengan membawa kartu identitas berupa KTP milik jemaah yang bersangkutan,” ucapnya. HYT

Komentar

News Feed