oleh

Meraup Rezeki dari Jual Lalampa

-Ekonomi-dibaca 615 kali

SULTENG RAYA – Hasna (50), seorang penjual Lalampa (salah satu jenis makanan khas lembah Palu) di salah satu sudut Kota Palu mengakui bahwa dirinya mampu membiayai pendidikan kedua anaknya hanya dengan menjual lalampa di trotoar jalanan, tepatnya di jalan M Yamin Palu.

“Pendapatan yang saya dapatkan terbilang cukup untuk menghidupi dua orang anakku dan juga untuk membayar uang kos yang saya tinggali bersama anakku. Anak saya tidak mau membantu saya untuk berjualan, padahal saya sudah tua seperti ini,” katanya.

10 tahun lamanya Hasna menggeluti pekerjaan tersebut, dengan penuh semangat juang yang tinggi, Hasna mampu menempuh jarak dari tempat tinggalnya ke tempat ia berjualan, yaitu sekitar 5 kilo meter setiap harinya dengan berjalan kaki.

Baca Juga :   Bank Mandiri Area Palu Menuju 1.000 Agen Laku Pandai

Harga lalampa jualan milik Hasna ini berkisar Rp5.000 untuk 3 bungkus lalampa.

Dalam sehari lalampa yang jualkan adalah selama 110 bungkus.

“Ia dek, harganya ini Rp5.000 untuk tiga bungkus. Biasa juga orang beli sampe Rp35.0000. Itu sudah paling tinggi orang belinya seperti itu, ada juga biasa orang cuman beli Rp10.000 saja dan kadang juga ada yang minta bonus kalau habis membeli lalampa. Kadang saya kasih kadang juga tidak. Soalnya kalau terus-terusan saya kasih bonus seperti itu, lama-lama saya juga bisa rugi, sebab modal saya berjualan ini hanya sedikit,” ujarnya.

Omzet yang didapatkan oleh Hasna dalam sehari hampir berkisar Rp183.000. Itu kalau jualannya habis terjual semua. Sedangkan kalau hal demikian tidak terjadi, maka pendapatan yang bisa ia raih dalam sehari adalah ialah Rp83.000.

Baca Juga :   Alokasi Minyak Goreng Subsidi di Sulteng Belum Jelas

“Yah, begitulah de pendapatan saya dalam sehari, karena modal yang saya punya juga cuman sedikit. Sisa dari jualan saya yang ditidak habis terjual itu, saya titipkan kembali ke kios-kios yang berada didekat tempat saya tinggal, kalau tidak habis terjual lagi, jualan saya itu saya bagi-bagikan kepada tetangga-tetangga saya dek,” bebernya.FIQ

Komentar

News Feed