oleh

Anwar: Dana CSR Kurang Memberi Manfaat

-Kab. Morowali-dibaca 618 kali

SULTENG POST – Terkait kegiatan pertambangan dan pemberian dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah bertahun-tahun digelontorkan perusahaan ke masyarakat, dinilai tidak begitu memberikan manfaat penting bagi kehidupan berkelanjutan, khususnya masyarakat yang berada di kabupaten Morowali. “Hasil pengamatan saya, dana pemberian perusahaan tidak terlalu memberi manfaat. Kondisi masyarakat Morowali hari ini, harus diupayakan banyak mengarah ke padat karya. Artinya, bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kita, “ ujar bupati Morowali Drs. H Anwar Hafid,MSi saat acara relaksasi bersama para SKPD dan jurnalis Morowali di Cafe S3 Tran Sulawesi desa Bahomohoni, kemarin.

Menurut Anwar, melihat situasi ekonomi Morowali dan cara hidup masyarakatnya yang lebih konsumtif , salah satu alternatifnya dengan cara memberi pendidikan ke rakyat agar lebih cerdas dalam mengelola ekonomi masa depannya.’’Kita mau memberikan pendidikan kepada rakyat kita untuk tidak terlalu konsumtif seperti hari ini ,” ungkap bupati Anwar.

Ia juga mengungkapkan, selama jalannya pertambangan dan melihat hasil survei, masyarakat Morowali lebih memenuhi kebutuhan sekundernya, dibanding melakukan rencana jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan secara regenerasi.’’Kita harus edukasi rakyat. Pengalaman sudah ada, begitu kemarin tambang beroperasi, bagi-bagi semua uang. Begitu tambang berhenti habis semua uang. Jadi ke depan, kita harus berfikir agar usaha seperti berkebun atau bertani, tetap jalan tanpa mengharapkan dana CSR dari tambang saja,” tuturnya . WATY

Komentar

News Feed