oleh

Hari Ini, Anggota DPRD Morut Dilantik

-Kab. Morowali-dibaca 2,079 kali

SULTENG POST- Jika tidak ada aral melintang, direncanakan hari ini, Selasa (23/12/2014) 25 anggota DPRD Morowali Utara periode 2014-2019 akan dilantik dalam rapat paripurna istimewa di Gedung Morokoa, Kolonodale. Pelantikan tersebut menandai permulaan kerja sebagai legislatif daerah otonomi baru (DOB).

Sekretaris DPRD Morut Djira K mengatakan, pengucapan sumpah dan janji akan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Poso. Pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa akan dibuka Ketua DPRD periode 2014-2019 Ir. Syarifudin Majid.

Djira menjelaskan, jumlah anggota DPRD Morowali Utara periode 2014-2019 sama banyak dengan anggota DPRD Morowali induk, yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan UU No.27/2009 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), anggota DPRD Morut berjumlah maksimal 125% dari jumlah maksimal penduduk DOB tersebut.

Dia mengatakan, partai demokrat secara mutlak menduduki jabatan ketua DPRD lantaran mendapatkan kursi terbanyak, maka secara otomatis Demokrat berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD dengan jumlah perolehan kursi sebanyak 4 orang. “Jumlah pimpinan DPRD Morut terdiri atas ketua dan dua wakil ketua. Pemilihan berdasarkan perolehan suara dari tiga partai politik yang masuk tiga besar,” jelasnya.

Pada pemilihan legislatif 2014, lima partai yang masuk tiga besar untuk daerah pemilihan Morut yakni Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar. Dengan demikian, jabatan ketua akan dijabat oleh Demokrat, sementara kedua wakilnya masing-masing dari PKB atas nama Syafri Algazali dan Golkar atas nama Abuddin Halilu (Mantan Ketua DPRD Morowali Periode 2009-2014). IVAN

Komentar

News Feed