oleh

Desa Lambuli Fokus Berdayakan Petani

SULTENG RAYA – Pemerintah Desa (Pemdes) Lambuli, Kecamatan Lobu, tahun anggaran 2017 ini fokus pada pemberdayaan petani setempat. Karena itu, dalam Daftar Rencana Kegiatan (DRK) Anggaran Pembangunan dan Belanja Desa (APBDesa) 2017 ini, didominasi usulan pengadaan bibit tanaman pangan, hortikultura dan pengadaan kawat duri.

“Untuk tahun 2017 ini, kami masih fokus pada pemberdayaan, khususnya petani,” ucap Kepala Desa (Kades) Lambuli, Jhon Victor Manete kepada media ini, Rabu (15/3/2017).

Jhon menjelaskan, program pemberdayaan masih menjadi primadona. Sebab, sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani. Sehingga saat pelaksanaan musyawarah dusun dan musyawarah desa, masyarakat lebih banyak mengusulkan pengadaan bibit tanaman pangan, hortikultura dan kawat duri untuk pagar kebun.

Baca Juga :   Tim Gugus Covid-19 Luwuk Cek Tempat Hiburan, Kuliner dan Perbelanjaan

Mengenai berapa besar jumlah dan anggaran yang dialokasikan, pihaknya belum dapat memastikan, karena masih tahap perbaikan setelah asistensi pertama di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai.

Tak hanya itu, Jhon juga tetap memberi porsi anggaran untuk program lain. Seperti pemberdayaan tim penggerak PKK, Usaha Kecil Menegah (UKM) dan karang taruna serta program peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kapasitas perangkat desa, badan permusyawaratan desa. BR

Komentar

News Feed