oleh

Ops Simpatik Tinombala, Pengendara Diimbau Disiplin Berlalu Lintas

-Kota Palu-dibaca 671 kali

SULTENG RAYA- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu melaksanakan giat Operasi Simpatik Tinombala 2017 di Jalan Jenderal Sudirman Kota Palu. Dalam Operasi itu, Satlantas Polres Palu juga aktif melaksanakan giat pengaturan lalu lintas di sejumlah titik-titik yang rawan terjadinya macet, Kamis (2/3/2017).

Operasi ini mengedepankan edukatif, preemtif dan preventif dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas. Dimana pengguna jalan diimbau untuk tertib berlalu lintas. Dalam operasi Simpatik ini banyak terdapat pengendara sepeda motor roda dua yang menggunakan helem dengan tidak benar yaitu tidak mengaitkan pengait helemnya.

Dalam Operasi Simpatik Tinombala 2017, Kepolisian Resort Palu telah memberi penindakan berupa teguran. Seperti yang dilakukan oleh Briptu Putu Sumadana kepada salah seorang pengendara yang tidak mengaitkan pengait helemnya dengan benar. Dirinya mengatakan kepada pengendara tersebut agar menggunakan helem dengan benar yaitu dengan selalu mengaitkan pengaitnya hingga berbunyi Klik.

Baca Juga :   LKS Diharapkan Bantu Pemerintah Tangani Permasalahan Sosial

“Ini penting untuk memastikan keamanan dan keselamatan kita saat berkendara , apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan misalnya, maka helem akan melindungi bagian kepala kita dari benturan,” ujar Briptu Putu disela-sela Operasi Simpatik Tinombala di Jalan Jenderal Sudirman Kota Palu.

Sementara itu, Kapolres Palu AKBP Christ Reinhard Pusung mengatakan, Operasi Simpatik ini digelar selama 21 hari, yang dimulai sejak 1 Maret 2017 dan akan berakhir sampai 21 Maret 2017. Sasaran operasi di antaranya pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan seperti melawan arus dan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas.

Kapolres Palu mengharapkan, dengan dilakukannya Operasi Simpatik ini dapat meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas. Dirinya berharap kepada mayarakat agar segera melengkapi kelengkapan kendaraan, seperti surat-surat kendaraan, maupun surat mengemudi dan gunakan helem standar SNI dengan benar yaitu dengan mengaitkan pengaitnya sampai berbunyi klik, demi menjaga keselamatan serta mematuhi semua peraturan rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga :   Pemkot Palu Siap Tertibkan Arsip Melalui Aplikasi ‘Srikandi’

Kapolres menambahkan, pada hari yang sama Operasi Simpatik Tinombala 2017 yang digelar Satlantas Polres Palu, juga aktif melaksanakan giat pengaturan lalu lintas, di sejumlah titik-titik yang rawan terjadinya macet. Pengaturan lalu lintas ini dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas pada saat jam-jam sibuk masyarakat yang mulai beraktifitas.

“Hal ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan prima terhadap masyarakat yang dilakukan oleh anggota Polri dalam mengatur arus lalu lintas pada saat pagi, demi terciptanya rasa keamanan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas, serta mencegah atau mengantisipasi terjadinya laka lantas. Diharapkan dengan adanya pengaturan lalu lintas ini dapat mewujudkan situasi Kamseltibcar lantas di wilayah Kota Palu,” tutur perwira menengah dua melati dipundkanya itu. YAT

Baca Juga :   Pengumunan! Ada Pasar Murah di Festival Tangga Banggo

Komentar

News Feed