oleh

11 Maret 2017, Walikota Pastikan Lakukan Aksi G3

-Kota Palu-dibaca 462 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Walikota Palu, Hidayat memastikan akan melakukan Aksi Gerakan Gali Gasa (G3) pada tanggal 11 Maret 2017 mendatang. Hal ini disampaikan sesaat setelah melantik Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palu Periode 2016-2017 di ruang auditorium Kantor Walikota Palu, Selasa (27/2/2017).

Hidayat menjelaskan, aksi G3 tersebut untuk memprovokasi dan mempropagandakan kepada masyarakat Kota Palu tentang gerakan kebersihan. Aksi tersebut, akan diikuti dari berbagai komunitas, baik dari mahasiswa maupun dari komunitas-komunitas pemuda yang ada di Kota Palu.
“Dalam aksi bersama berbagai komunitas tersebut, akan dilakukan dengan aksi berjalan kaki,” jelas Hidayat.

Jalan kaki bersama dimulai dari kantor TNI 711 hingga ke Pantai Talise sebagai tujuan akhir, sekaligus tempat untuk mendeklarasikan G3.

Baca Juga :   PT Kuatkan Putusan PN, Dharma Gunawan Kasasi

“Jalur yang akan kita lalui, mulai dari Jalan Emy Saelan, Monginsidi, Hasanuddin, Gajah Mada atau Samratulangi masih dalam diskusi, Haji Hayyun dan terakhir ke Pantai Talise,” kata Hidayat.

Hidayat mengatakan, semua peserta yang ikut dalam rombongan aksi G3 tersebut, akan dibekali dengan plastik kresek sebagai wadah untuk memungut sampah yang ditemui di jalan. Selain itu, para peserta juga akan diberikan sekaligus membagikan selebaran yang berisikan instruksi dari Pemerintah Kota Palu di setiap tempat-tempat usaha yang dilalui.

“Isi selebaran tersebut adalah instruksi untuk membersihkan halaman tempat usaha bebas dari sampah dan wajib memiliki tong sampah di depan toko,” jelasnya.

Lebih jauh Hidayat menjelaskan, dalam aksi tersebut selain membawa kresek untuk pungut sampah dan membagikan selebaran kepada tempat usaha yang dilalui, kita juga akan menahan mobil-mobil yang lewat dan memberikan tong sampah bagi mobil yang belum ada tong sampah.

Baca Juga :   Pemerintah Kelurahan Losel Manfaatkan Sudut Jalan Jadi Standing Flower

“Ini dilakukan, untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan, dan untuk para pengendara mobil, tidak membuang sampah sembarang tempat lagi,” kata Hidayat.

Hidayat menegaskan, apabila satgas K5 dan G3 itu telah disosialisasikan kepada seluruh warga Kota Palu namun, tidak menpatkan respon yang positif, maka kita akan segel toko dan tempat usaha yang masih saja tidak menjaga kebersihan halaman toko dan juga drainase. HGA

Komentar

News Feed