oleh

Ada Program Wakaf Hasanah di BNI Syariah

-Ekonomi-dibaca 322 kali

SULTENG RAYA – Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah meluncurkan program untuk para nasabah dengan nama Wakaf Hasanah. Program wakaf hasanah nantinya akan menjadi amalan untuk hari kemudian.

Dalam menerapkan program baru ini, BNI Syariah Cabang Palu telah bekerjasama dengan lima lembaga wakaf nasional.

“Ini program baru yang diterapkan langsung oleh direksi, ini program yang sangat luar biasa, dimana-manakan yang kita tahu hanya, zakat dan infaq namun sekarang wakaf hasanah diterapkan di BNI Syariah ini,” kata salah seorang pegawai Bank BNI Syariah Cabang Palu, Wahyu kepada Sulteng Raya, Kamis (23/2/17).

Sistem wakaf yang digunakan BNI Syariah ialah menggunakan sistem by online, dimana para nasabah atau pegawai yang ingin berwakaf cukup melalui aplikasi resmi BNI Syariah.

Baca Juga :   Hari Ini, BRI Palu Gelar Pengundian Panen Hadiah Simpedes

Ada lima pilihan yang terdaftar dalam wakaf, yaitu global wakaf, dompet dhuafa, rumah zakat, wakaf al-azhar dan badan wakaf Indonesia.

“Misalnya kita pilih wakaf global, disitu nanti ada pilihanya lagi, jadi kita pilih yang mana kita mau wakafkan. Ada pembangunan mesjid, sarana pendidikan dan lain sebagainya. Begitu juga yang lainya,” jelasnya.

“Cara berwakaf di BNI Syariah cukup gampang, cukup mengikuti petunjung yang diberikan di dalam aplikasi tersebut, contohnya kita hanya login dulu ke dalam sistem yang disediakan oleh pihak bank, lalu daftarkan diri kita sebagai pewakif pemberi wakaf, setelah itu nantinya kita akan diberikan pilihan untuk mewakafkan pembangunan yang mana yang ingin kita wakafkan. Setelah kita melakukan wakaf tersebut, nantinya kita akan mendapatkan pemberitahuan melalui sms atau email yang kita daftarkan dilogin tadi, bahwa kita telah berwakaf kepada proyek yang kita pilih,” jelas Wahyu.

Baca Juga :   CMSE 2021 Ditutup, BEI Bukukan Tiga Juta Lebih Investor Saham

Dia juga mengatakan, penerima wakaf juga mendapatkan pemberitahuan bahwa telah berwakaf terhadap proyek pembangunan dan melalui website wakaf hasanah, wakif (pemberi wakaf) dapat memilih jenis proyek yang diinginkan.

“Nantinya di email atau sms akan dikirim notifikasi atau pemberitahuan, kemudian di dalam pesan tersebut bahwa kita diminta untuk melakukan transfer ke nomor ini sebesar ini, begitu kita transfer nantinya secara otomatis kita telah terdaftar, bahwa kita sudah berwakaf terhadap proyek itu,” terangnya.

Salah satu tujuan program wakaf hasanah BNI syariah ini bertujuan untuk memediasi agar para masyarakat khususnya umat muslim terpanggil untuk melakukan wakaf kepada suatu proyek atau bangunan yang bernuansa Islami.

Baca Juga :   Pemkot Siapkan Anggaran Rp2,5 Juta Setiap Bulan Bantu 46 Masjid

“Ini yang dikatakan dengan tabungan wakaf, walau pun tidak bisa diambil kembali,” tutupnya. FIQ

Komentar

News Feed