oleh

Tidak Boleh Membangun Tanpa IMB

SULTENG RAYA – Pemerintah Kota Palu mengimbau kepada masyarakat setempat agar dalam mendirikan bangunan harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Kepada semua camat dan lurah se-Kota Palu, untuk membantu Pemerintah Kota Palu dalam mengawasi warganya yang ingin mendirikan bangunan, untuk dipeiksa kepemilikan IMB. Apabila belum memiliki IMB, maka melalui camat dan lurah dapat mengarahkan untuk membuat IMB,” kata Hidayat belum lama ini.

Hidayat menegaskan, masyarakat tidak boleh sembarangan membangun tanpa adanya IMB. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu, untuk menghindari adanya pembangunan sesuka hati, yang semakin hari pembangunan tidak lagi memperhatikan bahkan tidak mempedulikan aturan pendirian bangunan.

“Menurut pantauan saya, banyak bangunan yang tidak lagi berdasarkan dengan aturan yang ada, contoh jarak dari bahu jalan dan sebagainya,” jelas Hidayat.

Baca Juga :   Disperdagin Palu Kirim Logistik Bagi Korban Gempa di Sulbar

Selain camat dan lurah, Hidayat juga mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palu, yang berkaitan dengan tupoksinya juga ikut mengawasi persoalan pendirian bangunan oleh masyarakat.

“Begitupun kepada OPD-OPD terkait, harus ikut memperhatikan dan mengawasi aturan dalam mendirikan bangunan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tata Ruang (DTR) Kota Palu, Dharma Gunawan Moctar juga menjelaskan terkait tupoksi OPD yang dia pimpin untuk mengenai pengawasan IMB.

“Di DTR, ada alokasi dana untuk Satgas K5 yang tersebar di setiap kelurahan sebagai mata dan telinga DTR, dalam mengawasi dan memantau aktifitas-aktifitas pendirian bangunan yang tidak memiliki IMB,” jelas Dharma. HGA

Komentar

News Feed