oleh

CPM Dukung Penegakkan, Hukum di Poboya

-Kota Palu-dibaca 504 kali

SULTENG RAYA – PT Citra Palu Mineral (CPM) mengatakan mendukung langkah yang akan diambil pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Sulteng Longki Djanggola terkait penegakkan hukum kepada para penambang ilegal di lokasi tambang Poboya.

“Untuk penegakkan hukum terhadap tambang ilegal CPM sangat mendukung karena itu kewenangan pemerintah. Dalam laporannya, CPM selalu memasukkan bahwa penambang ilegal itu sebagai bagian permasalahan di lapangan. Faktanya memang seperti itu,” jelas Media Relation PT CPM, Amran Amir saat ditemui Sulteng Raya, Jumat sore (17/2/2017).

Amran mengatakan, sejak dulu PT CPM sudah mendukung untuk dilakukan penegakkan hukum di tambang Poboya tersebut.

Terkait tambang rakyat, PT CPM mengatakan tidak akan mengganggu para penambang rakyat di lokasi itu.

Baca Juga :   Dua Siswa MAN IC Palu Ikut Seleksi Beasiswa ‘Indonesi Maju’

Menurut Amran yang dimaksud dengan tambang rakyat adalah para penambang yang melakukan aktivitas penambangan emas dengan cara mendulang, yang kemudian hasilnya memang dinikmati hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dalam Fokus Discussion Grup (FGD) yang digelar di ruang polibu kantor gubernur, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), M Karliansyah mengatakan, saat ini KLHK tengah menyusun konsep pengelolaan hutan dengan mekanisme perhutanan sosial.

Nantinya kata Dirjen, pengelolaan hutan dengan mekanisme ini akan menguntungkan masyarakat setempat yang berada di sekitar lokasi hutan. Begitu pun jika konsep ini diterapkan di lokasi tambang Poboya.

“Presiden mengharapkan dengan konsep perhutanan sosial ini masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi tambang juga akan mendapatkan manfaat sama dengan para pengusaha tambang,” jelas Karliansyah kepada Sulteng Raya usai FGD

Baca Juga :   HUT ke-47 Gegana, Brimob Polda Sulteng Gelar Pensucian Tunggul

Terkait perhutanan sosial ini, Amran mengatakan pihak CPM pada dasarnya sangat mendukung. ENG

Komentar

News Feed