oleh

2015, DAU APBD Morut Bertambah Rp104 Miliar

SULTENG POST- Perolehan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Morowali Utara (Morut) tahun 2015, diperkirakan bertambah Rp104 miliar. “DAU 2015 akan bertambah sekitar 98,35 persen dari DAU sebelumnya,” kata kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Morut Masjudin Sudin kepada Sulteng Post, Rabu (10/12/2014).

Ia mengatakan, DAU APBD Morut 2015 meningkat sekitar 98,35 persen dengan jumlah Rp499 miliar. Tahun 2014 DAU Morut hanya dikisaran Rp395 miliar, dengan jumlah tersebut dapat dipastikan dana untuk belanja umum bertambah Rp104 miliar.

Penambahan dana itu, kata dia, bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja, tergantung kesepakatan pemerintah provinsi (Pemprov) dan pemerintah kabupaten (Pemkab) Morut.

Baca Juga :   FKUB Morut Doa Bersama Jelang Pilkada

“Itu tergantung diskresi pemkab dan pemprov, apa yang kira-kira dibutuhkan,” kata dia.

Namun dia mengaku, pemkab Morut sudah memiliki perencanaan untuk pengalokasian DAU tersebut, sehingga pertemuan untuk penetapan DAU Morut di Palu dengan pemprov Sulteng tidak akan memakan waktu yang lama.

“Saya kira pemprov menyetujui penggunaannya. Teknis penggunaannya sudah dirancang kurang penetapannya” katanya.

Sementara dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), ia mengatakan penerimaan retribusi di Morut akan bertambah karena meningkatnya pemasukan dari sektor pertanian kelapa sawit. “Tahun ini banyak lahan sawit belum bisa memproduksi buah. Tahun 2015 diperkirakan akan ada pemasukan sawit, sebab panen pertama sudah dimulai,” sebutnya.

Penerimaan PAD Morut tahun 2014 menurutnya cukup signifikan. Hingga awal Desember ini PAD Morut sudah melebihi Rp40 miliar. IVAN

Baca Juga :   Kafilah Bungku Tengah Juara Umum MTQ Morowali

Komentar

News Feed