oleh

DPRD DONGGALA, Bisa Tembus Sembilan Fraksi

-Politik-134 views

SULTENG POST – Jumlah fraksi di DPRD Donggala, Sulawesi Tengah, hasil Pemilu 2014 memungkinkan sampai sembilan fraksi, yakni tujuh fraksi utuh dan dua fraksi gabungan dari 30 anggota DPRD.

Ketua Fraksi Demokrat terpilih Aripudin Daematandu di Palu, Selasa, mengatakan, banyaknya jumlah fraksi tersebut karena tidak ada partai dominan hasil Pemilu 2014.

Kursi paling banyak diperoleh tiga partai yakni Gerindra, Golkar dan PKS masing-masing empat kursi.

Disusul empat partai dengan tiga kursi yakni PDIP, Demokrat, Hanura dan PKB.

Tujuh partai tersebut utuh satu fraksi karena jumlah minimal satu fraksi hanya tiga kursi.

Sementara empat partai lainnya yakni PPP dan Nasdem masing-masing dua kursi serta PKPI dan PAN masing-masing satu kursi.

“Enam kursi ini memungkinkan dua fraksi, tetapi kan belum tentu karena bisa saja mereka bergabung ke fraksi utuh,” kata Aripudin.

Menurut dia, meskipun nanti jumlah fraksi di DPRD Donggala cukup banyak tetapi tidak akan mempersulit Bupati dan Wakil Bupati Donggala yang terpilih dari jalur independen.

“Tergantung komunikasinya. Saya yakin kalau komunikasi bagus, keputusan-keputusan strategis untuk kepentingan rakyat tidak mengalami hambatan,” katanya.

Saat ini DPRD Donggala sedang mempersiapkan alat kelengkapan DPRD seperti komisi dan pimpinan DPRD.

Sejak dilantik 30 September 2014, DPRD Donggala saat ini dipimpin Ketua Sementara Yasin dari Gerindra dan Sofyan Yotolembah dari Partai Golkar.

Berdasarkan perolehan suara Pemilu 2014, DPRD akan dipimpin Gerindra dan dua wakil ketua masing-masing dari Golkar dan PKS. ANT

Komentar

News Feed