oleh

Penataan Lingkungan Jadi Prioritas di Desa Kabobona

-Kab. Sigi-dibaca 828 kali

SULTENG RAYA – Program penataan lingkungan menjadi prioritas utama Desa Kabobona, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi di tahun 2017 ini. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Kabobona, Moh Zaenal Latopada yang mengatakan bahwa saat ini lingkungan yang ada di desa tersebut masih belum tertata rapi.

Menurutnya, program penataan lingkungan didalamnya seperti pembukaan jalan baru, rabat jalan, jalan kantong produksi dan drainase. Sehinggga, lahan yang belum memiliki akses jalan tidak menjadi lahan mati.

“Kita liat sendiri banyak lahan masyarakat yang belum ada akses jalannya, ini semua yang menjadi prioritas. Sehingga lahan-lahan yang belum memiliki akses jalan tidak menjadi lahan mati,”ungkap Moh Zaenal saat ditemui di rumahnya di Desa Kabobona, Ahad (5/2/2017)

Moh Zaenal mengatakan bahwa selain pembukaan akses jalan baru, pihakanya juga akan membangun jalan-jalan kantong produksi, sehingga program ekonomi kerakyatan yang dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sigi Moh Irwan dan Paulina bisa terwujud.

“Jalan kantong produksi juga sangat penting, karena ini dapat memudahkan dan menambah penghasilan masyarakat,”ujarnya.

Jembatan penghubung antar Desa Kabobona dan Desa Langaleso juga sangat penting untuk dibangun. Dimana pembangunannya direncanakan di tahun ini, karena sudah dimasukkan dalam Musrembang tahun 2016 lalu.

Selain itu, untuk mengantisipasi bencana alam pihaknya juga akan membangun drainase di beberapa titik. Sebut saja Drainase perbatasan Desa Kabobona dan Desa Kotarindau. Hal itu mendesak karena curah hujan tinggi membuat drainase yang ada saat ini tidak mampu menampung debit air.

“Kami sudah bicarakan bersama aparat Desa Kotarindau, dan rencananya apabila panjang drainase tersebut sekitar 500 meter, maka Desa Kabobona mengerjakan setengah dan Desa Kotarindau setengahnya lagi,” ungkap Moh Zaenal. FRY

Komentar

News Feed