oleh

Polsek Biromaru Bekuk Spesialis Jambret

-Kab. Sigi-dibaca 622 kali

SULTENG RAYA – Polsek Biromaru berhasil membekuk pelaku spesialis curas atau jambret, yang kerap meresahkan warga. Tiga pelaku yang ditangkap, yakni RS alias E (16), SS alias D (17) dan GO (28). Ketiganya diamankan di tempat yang berbeda.

Kapolres Sigi AKBP Agung Kurniawan SIk melalui Kapolsek Biromaru AKP Korel Peah SH mengatakan, ketiganya ditangkap pada Minggu (29/1/2017) setelah dilakukan penyelidikan selama kurang lebih satu bulan. Saat dilakukan penangkapan anggota Reskrim Polsek Biromaru mengamankan terlebih dahulu RS di kediamannya yang berada di BTN Kelapa Asri Desa kalukubula Kecamatan Sigi Biromaru.

Setelah menangkap RS, polisi kemudian melakukan pemeriksaan dan pengembangan terkait pelaku lainnya, dan akhirnya polisi pun berhasil mengamankan SS dan GO tidak jauh dari lokasi penangkapan pelaku RS.

Dalam pemeriksaan kepala polisi ketiga pelaku ini mengaku sudah melakukan aksinya di 37 TKP. Bahkan para pelaku ini mengaku bahwa tidak hanya melakukan penjambretan saja, tetapi juga melakukan pencurian di rumah-rumah warga, hotel dan Counter Handphone.

Lanjut AKP Korel, bukan hanya di wilayah Kabupaten Sigi, pelaku juga menjalankan aksinya di Kota Palu.
“Jadi laporan aksi kejahatan mereka ini tidak hanya masuk di Polsek mau pun Polres Sigi, tetapi juga masuk di Polres Palu dan Polsek. Dan bahkan hampir semua TKP berada di Kota Palu,” jelasnya.

Dari tangan ketiga pelaku kata Kapolsek, berhasil diamankan berbagai macam barang bukti satu diantarnya senjata api (Senpi) jenis SS1 yang diamankan dari tangan pelaku inisial GO. Bahkan polisi juga mengamankan narkotika jenis sabu beserta alat hisap dari tangan para pelaku. Saat ini ketiganya sedang menjalani penahanan serta pemeriksaan oleh pihak Polsek Biromaru, karena diduga masih ada pelaku lain yang juga merupakan kelompok dari ketiga pelaku tersebut.

“Kami lakukan pengembangan, karena dari pengakuan tersangka GO bahwa senpi yang dimilikinya itu merupakan milik pelaku lain yang berinisial AD, yang saat ini masuh dalam pengejaran oleh pihak kami,” ujarnya.

Dikatakan Korel, untuk mempertanggung jawabkan aksi kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku, polisi mengenakan Pasal 356 KUHP terkait tindak pidana Curas dengan maksimal hukuman enam tahun penjara.

“Saya mengimbau, kepada masyarakat kabupaten sigi selalu berhati-hati saat berkendara khususnya di malam hari. Dan tidak mengunakan perhiasan atau barang-barang lainnya yang dapat memancing para pelaku penjambretan, selain itu juga kami menghimbau kepada masyarakat yang melaporkan kepolsek kehilangan barangya agar dapat mengecek langsung di Polsek Biromaru,” harapnya. FRY

Komentar

News Feed