oleh

Pendataan PPLS Tahun 2015 Tertunda

-Kab. Tolitoli-dibaca 461 kali
SR Ads

SULTENG POST- Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) di Tolitoli tahun ini tertunda yang disebabkan ketidaksiapan anggaran oleh Pemerintah Pusat melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Tolitoli, Muzakir kepada Sulteng Post, belum lama ini mengatakan, pendataan PPLS seyogianya dilakukan setiap tiga tahun sekali guna mendata terhadap warga yang tergolong kurang mampu di wilayahnya.
Namun karena ketidaksiapan anggaran, maka pendataan pun tertunda hingga tahun 2015.

“Semestinya tahun ini kita lakukan pendataan PPLS, karena ketidaksiapan anggaran pusat, dalam hal ini TNP2K, jadi rencananya tahun depan baru dilakukan pendataan,” kata Muzakir di ruang kerjanya.

Dia menjelaskan, pendataan PPLS dilakukan setiap tiga tahun sekali, terakhir kali pada tahun 2011 untuk kemudian seharusnya dilakukan tahun 2014, namun tertunda.

Padahal pendataan PPLS menurutnya, harus dilakukan tahun ini mengingat data yang lama sudah tidak bisa dijadikan acuan untuk berbagai item yang bersifat sosial seperti kartu penerima bantuan sosial, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), dan jaminan sosial lainnya.

“Kalau dilakukan tahun ini agar kita dapat melakukan data kembali tanpa menggunakan data lama bagi warga penerima bantuan sosial,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk Tolitoli di tahun sebelumnya tercatat sekitar 40 ribu masyarakat yang kurang mampu, namun yang diakomodir oleh TNP2K hanya18 ribu saja.
Hal tersebut dikarenakan, penggolongan kriteria warga yang kurang mampu dilihat dari beberapa indikator. ARYA

Komentar

News Feed