oleh

Wabup Tutup Kemeriahan FDP

SULTENG POST– Suasana semarak dan kemeriahan event Festival Danau Poso (FDP) ke 17 tahun 2014 di Kota Wisata Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso yang pembukaannya sejak Jumat (29/8/2014) pekan kemarin, akhirnya resmi ditutup pada Senin malam (1/9) oleh Wakil Bupati setempat T Samsuri.

Prosesi penutupan FDP kali ini, juga turut disaksikan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulteng, B Elim Somba, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) Sulteng Hj Siti Norma Mardjanu, Kadisparekraf Poso, Putra Botilangi.

Selain itu juga dihadiri unsur pimpinan SKPD Kabupaten Poso, perwakilan 13 pimpinan daerah se Sulteng, para budayawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan pemuda serta undangan lainnya yang diawali dengan event pemilihan Putri Pariwisata Sulawesi Tengah 2014 yang merupakan delegasi dari semua daerah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah.

Wakil Bupati Poso mewakili Bupati Poso dalam sambutannya mengatakan, sukses penyelenggaraan FDP ke 17 tahun 2014 tidak terlepas atas partisipasi serta dukungan yang diberikan oleh semua pimpinan wilayah kabupaten/kota se Sulawesi Tengah.

Adapun hasil yang telah diraih dalam event itu adalah karya serta perjuangan demi mengharumkan mengangkat citra sekaligus wujud kecintaanya terhadap daerahnya, sekaligus Provinsi Sulteng.

FDP ini selain merupakan sarana promosi hasanah budaya dari masing-masing daerah, juga menjadi jembatan sekaligus perekat persaudaraan antar sesama warga masyarakat Sulawesi Tengah ini.

“Event seperti ini, sangat besar dampak manfaatnya, baik dari itu dari sisi sosial, budaya maupun politik. Olehnya saya berharap kegiatan FDP di Tentena, masih tetap menjadi agenda tahunan Pemprov Sulteng melalui stakeholdernya,” katanya.

Kepada semua peserta FDP termasuk para pendampingnya, tak lupa juga dia ucapkan terima kasih atas keterlibatannya dalam memberikan warna kemeriahan dalam kegiatan yang penuh nuansa kekayaan budaya yang dimiliki.

Sementara itu, Kadisparekraf Sulteng Hj Siti Norma Mardjanu saat ditemui media ini menambahkan, kegiatan FDP ke 17 tahun 2014, secara umum ada peningkatan jika dibanding dengan penyelenggaraan pada tahun sebelumnya.

Ini terlihat dengan jumlah peserta yang ikut terlibat dalam event seni dan budaya yang telah menjadi agenda nasional ini.

Dia mengatakan, dalam kegiatan FDP tahun ini juga telah banyak melibatkan elemen masyarakat lokal.

“Dalam kegiatan ini, sejak awal kita juga telah melibatkan orang-orang pusat. Yang berbeda untuk tahun, panitia banyak menyiapkan bonus bagi setiap pemenang dalam event ini,” katanya.

Walau demikian, Siti Norma juga mengakui, penyelenggaran FDP ke 17 tahun ini masih perlu lagi dilakukan upaya peningkatan kegiatannya dengan cara melibatkan masyarakat setempat.

“Setelah kita lakukan evaluasi, kedepan kita harus melibatkan semua elemen masyarakat budaya Poso,” tuturnya. SYAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed