oleh

Jalin Kerjasama Industri Perikanan

-Pendidikan-dibaca 667 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan skill siswa, SMKN 7 Palu menjalin kerjasama dengan sejumlah industri perikanan di sejumlah daerah, diantaranya Industri Perikanan Pekalongan dan Pati Provinsi Jawa Tengah, serta Bitung, Sulawesi Utara.

Hal ini disampaikan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMKN 7 Palu Ahmad Amin belum lama ini.

Ahmad Amin menuturkan, untuk siswa kelas X hanya diberikan teori sebagai bentuk pengenalan berdasarkan jurusan yang dipilih, baik itu Jurusan Nautika Kapal Niaga atau Nautika Kapal Penangkapan.

Saat duduk di kelas XI khususnya pada saat semester genap, siswa diwajibkan mengikuti praktek lapangan di sejumlah industri berdasarkan pilihan jurusan, untuk jurusan Nautika Kapal Penangkapan diwajibkan mengikuti praktek lapangan di Industri Prikanan Pekalongan dan Pati Jawa Tengah selama satu semester.

Baca Juga :   Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Palu Terima Beasiswa dari Bhinneka Global

Begitu juga pada jurusan Nautika Kapal Niaga, sebelum melakukan praktek diatas kapal niaga, terlebih dahulu mengikuti diklat atau pelatihan di Bitung Sulawesi Utara, untuk mendapatkan sertifikat sebagai persyaratan untuk mengikuti praktik di atas kapal niaga.

“Masing-masing mereka itu ditempatkan di industri selama satu semester, agar betul-betul memahami dan memiliki skill berdasarkan pilihan jurusan, karena yang kita inginkan output dari SMKN 7 Palu itu adalah siap kerja,  terukur dari skill lulusan,” tutur Ahmad Amin.

Saat ini kata Ahmad Amin, lulusan SMKN 7 Palu, tidak hanya terserap di lapangan industri perkapalan niaga maupun perikanan nasional, namun juga sudah terserap di industri kapal niaga di Jepang. Bahkan belum lama ini, ada sekitar 10 lulusan SMKN 7 Palu diminta langsung oleh Industri jepang.

“Baru-baru ini ada 10 lulusan kami diminta langsung oleh Jepang, mereka melihat lulusan kami sudah memenuhi standar kebutuhan kerja mereka,” tambahnya.AMI

Komentar

News Feed