oleh

Fakultas Kedokteran, Tuan Rumah Penyelenggara Ujian OSCE

-Pendidikan-dibaca 530 kali
SR Ads

SULTENG RAYA- Fakultas Kedokteran Unisa telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Objective Structured Clinical Examination (OSCE) setelah melalui visitasi persiapan oleh Tim Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Kemenristek.

Visitasi itu berupa penilaian kelayakan infrastruktur, aplikasi, pelatihan untuk Pasien Standar (PS), serta standarisasi para penguji yang diperlukan untuk melaksanakan OSCE.

OSCE merupakan ujian keterampilan klinik bagi mahasiswa dan lulusan dokter baru sebagai salah satu upaya penyempurnaan sistem ujian yang menjadi focus proyek Health Professional Education Quality (HPEQ) yang bertujuan meningkatan layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas penyedia jasa (tenaga) kesehatan.

Pelatihan bagi penguji OSCE ini sudah dilaksanakan pada bulan Juli lalu di ruang SCL Fakultas Kedokteran, dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang, terdiri dari Fakultas Kedokteran Untad sebanyak 5 orang dan dari Fakultas Kedokteran Unisa sebanyak 27 orang.

Baca Juga :   Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Palu Terima Beasiswa dari Bhinneka Global

Dekan Fakultas Kedokteran Unisa, dr H A Mukramin Amran mengatakan, ujian OSCE menggambarkan kemampuan seorang sarjana secara komprehensif, sebelum mendapatkan gelar dokter. Pelaksanaan OSCE ini memerlukan berbagai macam persiapan, salah satunya adalah penguji yang terstandar, baik tentang pemahaman peran dan tugas sebagai penguji maupun terhadap cara penilaian, sehingga lulusan dokter yang dihasilkan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. HUMAS UNISA/AMI

Komentar

News Feed