oleh

Kontroversi UN

-Pendidikan-dibaca 688 kali
SR Ads

SULTENG RAYA –Ujian Nasional (UN) pada tingkat satuan pendidikan menjadi isu sentral di dunia pendidikan Indonesia akhir-akhir ini. Apakah tetap dilaksanakan atau tidak?

Oleh: Amiluddin

Tidak sedikit pengamat pendidikan dan praktisi mengkritisi terkait masih berlakunya UN di Indonesia, sementara negara–negara maju seperti Australia dan Amarika sudah lama tidak memberlakukan UN.

Ap lagi selama ini UN di Indonesia dijadikan sebagai tolak ukur lulusan seorang anak yang notabenenya menggunakan standar nasional. Sementara kualitas pendidikan setiap daerah masih belum bisa disamakan, contohnya kualitas pendidikan Jakarta tidak bisa disamakan dengan kualitas pendidikan yang ada di Sulawesi Tengah, Ambon dan Papua.

Bukan hanya itu, yang mengetahui kompetensi dan kemampuan setiap siswa itu adalah guru dan wali kelasnya, sehingga tidak bisa hanya menggunakan acuan dari hasil UN itu sebagai acuan untuk memutuskan anak itu lulus atau tidak. Mengingat banyak aspek yang bisa dijadikan acuan, yakni kognitif, afektif dan psikomotorik.

Baca Juga :   Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Palu Terima Beasiswa dari Bhinneka Global

Namun disisi lain, UN juga masih dibutuhkan di Indonesia sebagai alat ukur untuk  memetakan kualitas pendidikan di Indonesia. Hasil UN inilah nantinya sebagai acuan pemerintah pusat dalam mengambil kebijakan tertentu untuk peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu, termasuk dukungan pendanaan.

Hal inilah yang disadari betul oleh Presiden RI Joko Widodo, sehingga Presiden RI ini memutuskan untuk masih memberlakukan UN di Indonesia setelah melewati rapat khusus terkait UN sebanyak dua kali. Dengan catatan ada perbaikan sejumlah sistem, termasuk peningkatan SDM guru yang telah tersertivikasi serta sebelum pelaksanaan UN, pihak terkait wajib membagikan kisi-kisi mata pelajaran yang masuk UN. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Kabinet Purnomo Anung di Jakarta pada 12 Desember 2016, jika presiden memutuskan untuk masih memberlakukan UN di Indonesia.***

Baca Juga :   SD Gamaliel Palu Borong Medali Kompetisi Bulu Tangkis Tingkat Kota

 

Komentar

News Feed