oleh

BMKG: Waspada Perubahan Cuaca

-Kota Palu-186 views

SULTENG RAYA –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palu meminta masyarakat Sulawesi Tengah mewaspadai beberapa perubahan cuaca yang akan terjadi hingga beberapa pekan ke depan.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Seksi Observasi BMKG Palu, Warjono saat diwawancarai media ini, Jumat (16/12).

Menurutnya intensitas hujan yang cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir di beberapa wilayah Sulteng diakibatkan oleh pergerakan musim angin barat yang akan segera berakhir dan potensinya cukup kuat khususnya di wilayah Sulteng bagian Barat dan bagian Timur.

“Potensi hujan dan angin kencang masih akan terjadi hingga beberapa pekan ke depan bahkan sampai akhir tahun, khususnya di daerah Banawa sampai Tolitoli dan Parigi hingga Luwuk,” ujarnya.

Baca Juga :   Kampanye di Tanamodindi, Hadianto Janji Ciptakan Palu Bebas Sampah

Untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat terus berupaya mewaspadai dan mengantisipasi beberapa kemungkinan yang akan terjadi dari perubahan cuaca tersebut.

“Nelayan dan masyarakat yang tinggal dekat laut perlu mewaspadai gelombang tinggi akibat angin kencang, begitupula masyarakat lainnya perlu mengantisipasi ancaman banjir jika sewaktu-waktu terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi,” tuturnya.

Sementara itu terkait dengan bencana angin kencang dan hujan lebat yang melanda beberapa wilayah di Sulawesi tengah, pihaknya mengaku sudah memprediksi dan memberikan informasi kepada masyarakat akan terjadinya potensi cuaca buruk tersebut.

“ Peristiwa angin puting beliung di kelurahan Kabonena, Kota Palu  sudah kita prediksi sejak pagi dan sudah kita beri informasi kepada masyarakat, akan terjadinya hal tersebut begitu juga dengan di Donggala,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kaper Erna: Penyuluh KB Harus Punya Integritas

Sebelumnya diberitakan, bebrapa wilayah di Sulawesi Tengah termasuk di sebagian kota Palu dan Kabupaten Donggala mengalami cuaca buruk.

Dimana angin puting beliung merusak  14 rumah di Perumahan Delta Indah Kelurahan Kabonena dan Kelurahan Silae Kota Palu serta angin kencang yang disertai hujan lebat melanda beberapa kecamatan  di Kabupaten Donggala pada  Kamis (15/12) kemarin.

“Masyarakat haruslah perlu waspada dan segera mengantisipasi beberapa kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi,” tukasnya. FDL

Komentar

News Feed