oleh

KPU Ajukan Dua Nama PAW DPRD Sulteng

-Kota Palu-182 views

SULTENG RAYA – KPU Sulawesi Tengah resmi mengajukan dua nama sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Sulteng yakni Mohammad Faizal politisi Partai Golkar dari dapil Sulteng 3 (Tolitoli-Buol) dan Iskandar Darise Politisi Partai Nasdem dari dapil Sulteng 5 (Poso, Morowali dan Touna).

Ketua KPU Sulteng, Sahran Raden menjelaskan bahwa Mohammad Faizal menggantikan anggota DPRD atas nama Abdullah Batalipu karena maju pilkada serentak pada tahun 2017 di Kabupaten Buol. Sementara Iskandar Darise menggantikan anggota DPRD Edmond Leonardo Siahaan yang dipecat keanggotaannya dari Partai Nasdem.

Sahran Raden menjelaskan bahwa sesuai PKPU No 2 tahun 2016 tentang pedoman verifikasi PAW di DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten disebutkan bahwa setiap ada usulan dari DPRD setempat maka KPU harus menindaklanjuti.

Baca Juga :   BKKBN Dorong Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan KB di Masa Pandemi Covid-19

“Kita sudah melakukan verifikasi saat itu sesuai dengan ketentuan PKPU,” ujarnya.

“Sudah diajukan hasil rapat pleno KPU ke DPRD. Nanti DPRD akan sampaikan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulteng,”jelasnya.

Sahran Raden menambahkan khusus untuk pengajuan pengganti Edmon Leonardo Siahaan, KPU memberikan sedikit catatan dalam surat keputusannya bahwa saat ini sedang melakukan upaya hukum.

“Tapi untuk saudara Edmond kita beri catatan bahwa yang bersangkutan sedang melakukan upaya hukum,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sulteng, Alimuddin Paada mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menunggu surat keputusan dari Mendagri terkait pengesahan dua nama PAW. Setekah ditetapkan, maka Badan Musyawarah akan mengagendakan proses pelantikan dua anggota baru tersebut. WAN

Komentar

News Feed