oleh

BLH Donggala akan Evaluasi PT CAN

-Kab. Donggala-dibaca 346 kali

SULTENG POST – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Donggala akan mengevaluasi UKL, UPL dan Amdal pengoperasian pengepakan pupuk milik PT. Cipta Agro Nusantara (CAN), salah satu anak perusahaan Astra Agro Lestari (AAL) Grup di Desa Dalaka, Kecamatan Sindue, Donggala.

Hal tersebut menyusul adanya informasi bahwa saluran pembuangan limbah pengoperasian pengepakan pupuk itu melintas di pemukiman penduduk dan warga pun merasa keberatan. Artinya ada dugaan kesalahan dan ketidaksesuaian ijin awal.

“Kita akan evaluasi kembali, kita akan cocoKkan, kalau ditemukan tidak cocok (dokumen awal) kita sebagai pemerintah berhak memberikan sanksi administrasi,” kata Sekretaris BLHD Donggala Hairudin, di kantornya, Jumat (9/12/2016).

Sekretaris BLHD Donggala menjelaskan soal ijin lingkungan UKL atau UPL dan Amdal sudah selesai. Terkait ada konflik sosial bukan persoalan lingkungan.

Baca Juga :   PPKM DI DONGGALA TURUN LEVEL DUA, Pengunjung Wisata Air Terjun Loto Meningkat

“Karena yang kita bahas (lalu) aspek biologi kimia. Aspek sosial memang ada, kita datangkan juga masyarakat sesuai undang-undang 32 keterlibatan masyarakat sangat diperlukan,” paparnya.

Jika selanjutnya juga ditemukan dampak kimia, pihaknya menyiapkan alat. “Kalau misalnya ada dampak kimia, kita punya laboratorium (untuk menguji),” pungkasnya.

Dia menjelaskan kesepakatan awal sudah riil, juga melibatkan masyarakat, jika muncul masalah baru soal saluran limbah itu pihaknya akan cek kembali. “Itu soal konflik sosial,” ucapnya.

Dalam undang undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, diatur bahwa setiap usaha atau kegiatan termasuk dalam kriteria wajib Amdal wajib memiliki UKL dan UPL.

Baca Juga :   Pedagang di Anjungan Gonenggati Bakal Direlokasi

UKL/UPL dan Amdal adalah jenis dokumen yang harus diajukan untuk mendapatkan Izin Lingkungan. Dokumen Amdal terdiri dari KA-ANDAL dan RKL/RPL.

Dokumen Amdal wajib disusun jika kegiatan/usaha termasuk dalam daftar wajib Amdal, wajib karena berdampak lingkungan besar, jika tidak termasuk, maka diwajibkan menyusun UKL/UPL berdampak lingkungan lebih kecil.

Sejauh ini PT Astra di Dalaka belum beroperasi, pihak manajemen masih mempersiapkan berbagai kesiapan guna mengoperasikannya termasuk membuat saluran pembuangan limbah.

Juru Bicara  PT Astra Agro Lestari, Fenny Sopyan, yang dihubungi Sulteng Post via telepon selulernya untuk diminta konfirmasi terkait adanya dugaan kesalahan itu tidak merespon sambungan telepon. TUR

Komentar

News Feed