oleh

Wujudkan Persatuan

-Kota Palu-295 views

SULTENG POST- Dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman dan kemajemukan umat beragama di Sulteng khususnya di Kota Palu, pemerintah setempat bersama dengan instansi terkait menggelar apel besar kebhinekaan cinta damai di aula kantor walikota, Jumat pagi (18/11/2016).

Kegiatan yang digelar di aula kantor walikota palu itu, mengangkat tema ‘Melalui Hikmah Hari Pahlawan Ke-71 2016 Kita Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI yang Kokoh’.

Dalam kesempatan itu, seluruh peserta dipimpin oleh masing-masing perwakilan lembaga yang hadir, diantaranya Gubernur Provinsi Sulteng dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs. Hidayat Lamakarate, M.si, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, Ketua DPRD Kota Palu M. Iqbal Andi Magga, Kapolda Sulteng yang diwakili oleh Direktur Binmas Polda Sulteng Kombes Pol Hondawan Naibaho, Danrem 132/Tadulako yang diwakili Kasrem 132/Tadulako Letkol Inf Andrian Susanto, Kapolres Palu AKBP Christ Reinhard Pusung, Dandim 1306 Donggala dan Kepala Kejaksaan Negeri Palu yang diwakili Kasi Pidana Khusus Evrifel.SH.MH.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

Dari semua yang hadir memimpin peserta Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai di Wilayah Kota Palu tersebut, masing-masing diantaranya memberikan sambutannya terkait dengan Kebhinekaan NKRI.

Kapolda Sulteng yang diwakili oleh Dir Binmas Polda Sulteng Kombes Pol Hondawan Naibaho dalam sambutannya di depan para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kota Palu mengajak semua pihak untuk kembali meningkatkan rasa toleransi antar umat beragam dan antar suku serta golongan yang ada Indonesia, khususnya di Kota Palu.

Ia juga mengingatkan pentingnya rasa persatuan dan rasa saling menghormati untuk menjaga kebhinekaan dalam kerukunan yang sudah terjalin selama ini.

“Kebersamaan antarsuku dan agama serta toleransi tinggi dan saling menghormati akan memperkuat rasa kebinekaan yang kuat sebagai dasar utama dalam menjaga keutuhan NKRI,” kata Kombes Pol Hondawan Naibaho yang mewakili Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs Rudy Sufahriadi yang tidak sempat hadir pada saat itu, Jumat (18/11/2016).

Menurutnya, kepedulian semua elemen bangsa dalam menjaga kebhinekaan dan persatuan sangat penting bagi pembangunan Kota Palu.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

Untuk itu katanya diperlukan kemanan yang tinggi dalam berbangsa dan bernegara. Sehingga provokasi dari orang yang tak bertanggung jawab bisa kita cegah dan dihindari, dengan begitu suatu masalah yang kecil tidak menjadi persoalan besar akibat provokasi orang-orang tak bertanggung jawab itu.

“Kita semua harus menguatkan iman dan keyakinan kita, agar bersama-sama dapat membangun Sulawesi Tengah,” lanjutnya.

Dirinya meminta kepada para stakeholder diantaranya semua tokoh agama yang hadir pada saat itu dan tokoh masyarakat Kota Palu untuk ikut bersama-sama menjaga situasi kondusif dan situasi keamanan di Kota Palu.

“Termasuk kepada masyarakat mitra Polri untuk turut aktif menjaga lingkungan dari gangguan kamtibmas. Dengan mempolisikan masyarakat lewat Polmas, diharapkan rasa kepedulian menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Karenanya kata dia, jika melihat ada kejadian di lingkungan sekecil apapun dapat untuk segera melaporkan ke Kantor Kepolisian terdekat untuk dapat segera ditanggulangi.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

Sementara itu, Kapolres Palu AKBP Christ Reinhard Pusung menuturkan rasa keamanan masyarakat di Kota Palu akan terus terjaga dengan dukungan semua pihak dan stakeholder yang ada.

Dirinya mengapresiasi dengan adanya pergelaran Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai di Wilayah Kota Palu, sehingga dirinya berharap kepada semua stakeholder dan elemen masyarakat di Kota Palu agar dapat menyatukan visi dalam memandang kebhinekaan untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

“Seperti juga dalam menjaga keamanan di Kota Palu, maka pembangunan di Kota Palu juga perlu dukungan dari semua pihak di masyarakat.

Kami yakin rasa toleransi dan rasa kebhinekaan antarsuku, agama dan golongan di Kota Palu dapat mendukung persatuan dan kesatuan yang sudah terjalin selama ini,” kata Mantan Kapolres Toli-toli itu kepada wartawan.

Dalam kesempatan itu, seluruh peserta maupun perwakilan dari sejumlah instansi terkait membacakan Deklarasi untuk Kebhinekaan Negara Kesatuan sekaligus penandatanganan Deklarasi oleh seluruh masing-masing perwakilan tokoh agama yang ada di Sulawesi Tengah Kota Palu. YAT

Komentar

News Feed