oleh

Perusahaan Harus Siapkan 2,5 Persen untuk CSR

SULTENG POST –  Anggota Badan Pembentukan Perda DPRD Kota Palu, Ridwan Basatu mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menggodok  perda inisiatif tentang pertanggung jawaban social perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Alasan pengajuan Perda CSR tersebut karena banyaknya perusahaan-perusahaan yang kini beroperasi di Kota Palu.

Ridwan Basatu mengatakan bahwa dalam rancangannya,CSR ditetapkan sebesar 2,5 persen dari keuntungan perusahaan. Meski akan diajukan, Ridwan yang juga anggota Komisi B ini menjelasakan bahwa CSR bukanlah salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pemkot. CSR tersebut merupakan dana yang memang harus dikeluarkan oleh perusahaan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya utamanya  bagi masyarakat yang terkena dampak aktivitas perusahaan. Dia Menjelaskan bahwa CSR darI perusahaan akan diarahkan untuk pembangunan dan disinergikan dengan program-program pemerintah.

“Ini sifatnya tidak dipaksaksakan tetapi hanya untuk mengatur dan membantu program pemerintah,” ujarnya.

Untuk pengelolaan CSR sendiri Kata Ridwan tidak mesti dilakukan oleh pemerintah, tetapi bisa dilakukan oleh perusahaan atau pihak-pihak yang dipercayakan.

Untuk perkembangan pembahasan perda tersebut, saat ini sedang disusun naskah akademik perda CSR itu. WAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed