oleh

Amankan Demo Ahok

-Kota Palu-223 views

SULTENG POST- Polda Sulteng menerapkan status Siaga 1 menghadapi aksi unjukrasa 2.000 warga Sulteng atas penistaan agama yang diduga dilakukan Calon Gubernur DKI Jakarta, Ahok.

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto mengatakan, kepolisian siap mengamankan aksi unjukrasa dari Forum Umat Islam Sulawesi Tengah (FUI Sulteng) yang akan dilaksanakan pada hari ini (Jumat 4 November 2016).

Menurut rencana, aksi unjukrasa ini dilakukan di tiga titik yakni di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dan berakhir di depan Mapolda Sulteng, dimana ketiga yang menjadi sasaran aksi tersebut berada pada lokasi yang sama yakni Jalan Sam Ratulangi Kota Palu.

Dalam pengamanan aksi tersebut, Kepolisian Resor Palu yang berada dalam jajaran Polda Sulteng telah menyiapkan personel untuk mengamankan aksi unjukrasa.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

Selain personel Polres Palu juga disiapkan personel dari BKO Polda Sulteng yang terdiri dari Dit Shabara dan Satbrimob Polda Sulteng.

“Sebanyak 703 personil dari Polres Palu dan gabungan BKO dari Polda Sulteng disiapkan guna mengamankan aksi unjuk rasa tersebut,” kata Kapolres Christ Reinhard Pusung, Kamis (3/11/2016).

Lanjut Christ, tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengamanan tersebut untuk terciptanya rasa aman dan terkendalinya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang mampu melindungi warga masyarakat umum dalam melakukan aktivitasnya serta massa pengunjuk rasa yang hendak melakukan aksinya, serta harapannya dalam pengamanan tersebut bisa berjalan dengan aman dan tertib.

“Diharapkan kepada pihak-pihak terkait aksi unjuk rasa untuk dapat saling bekerja sama dalam mewujdukan aksi unjuk rasa yang aman dan tertib sehingga kejadian-kejadian yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dapat diminimalisir,” ujar Christ.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto mengatakan bahwa mengenai konsep pengamanan yang diterapkan secara tertutup maupun terbuka, Polda Sulteng mengutamakan upaya pre-emtif dan preventif serta deteksi dini yang didukung dengan tindakan represif.

Dalam pengamanan di setiap strong point di wilayah Polres Palu akan menjadi tugas personel Polres Palu untuk mengawal rute yang dilewati para demonstran.

“Polda Sulteng sebagai back up Polres-polres di wilayah hukum Polda Sulteng, khususnya Polres Palu yang akan menjadi pusat tempat aksi unjuk rasa solidaritas ormas Muslim dengan memberlakukan siaga satu pada Jumat 4 November yang dimulai pada pukul 00.00 Wita dengan jumlah kekuatan personel yang di BKO ke Polres Palu yakni, Dit Sabhara Polda Sulteng sebanyak 3 SSK, Satbrimob Polda Sulteng sebanyak 1 SSK sebagai Dalmas lanjut dan PHH dan personel siaga Polda Sulteng sebanyak 2/3 kekuatan yaitu 657 personel jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Hari Suprapto. YAT

Komentar

News Feed