oleh

Festival Robot Madrasah Nasional, MIM Alhaq Palu Peringkat 10 Besar

-Kota Palu-215 views

SULTENG POST –  MI Muhammadiyah (MIM) Alhaq Palu berhasil meraih peringkat 10 besar pada Festival dan Kompetisi Robot Madrasah Tingkat Nasional. Keberhasilan tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena mampu meraih prestasi ditingkat nasional.

Sebelumnya MIM Alhaq Palu merupakan satu-satunya MI di Sulteng yang berhasil lolos pada ajang tersebut. Jadi walaupun hanya mampu berhasil meraih peringkat 10 besar mereka bisa membawa nama daerah Sulteng di tingkat nasional.

Apalagi ajang tersebut merupakan kegiatan yang langsung dilaksanakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Kepala MIM Alhaq Palu, Musafir mengakui bahwa lomba robot kali ini berbeda dengan sebelumnya.

“Terus terang pada lomba ini seluruh robot disiapkan oleh panitia jadi peserta harus bisa mempelajari robot pada saat mengikuti lomba. Sebab robot yang diperlombakan yaitu robot Lego yang berasal dari Jerman.

Baca Juga :   Tak Masuk DPT, Warga Diakomodir Dalam DPTb

Sementara kami sebelumnya belum memiliki atau mempelajari jenis  robot seperti itu. Makanya saat lomba murid kesulitan dalam membuat robot,” kata, Musafir, Selasa (1/11/2016).

Ia menambahkan pada lomba robot itu murid tidak hanya dituntut untuk bisa merakit robot dari lego tetapi mereka juga harus bisa membuat programnya dari komputer. Hal itu membuat kesulitan tersendiri buat murid.

Sementara panitia sangat berpihak dengan tuan rumah yang berasal dari Jakarta.

“Walaupun begitu kami juga sangat puas dengan hasil lomba ini karena sebagai pembelajaran buat murid. Kami juga sudah membeli satu set perlengkapan robot lego yang dilombakan tersebut yang nantinya sebagai media pembelajaran di madrasah.

Baca Juga :   Warga Tinggede Aktifkan Pos Ronda

Lego itu juga bisa mengasa kemampuan para murid agar bisa lebih mengetahuai cara merancang robot lego,” terangnya.

Lomba robot lego merupakan baru di kalangan robotika, karena sebelumnya mereka hanya mengikuti berbagai lomba robot seperti biasanya yaitu race hingga robot lainnya. ENG

Komentar

News Feed