oleh

Semangat Gerakan Literasi Harus Berlanjut

SULTENG POST – Semangat menggerakkan program literasi haruslah bisa terus berlanjut di ranah publik demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang gemar membaca dan mencintai dunia perbukuan.

Hal tersebut disampaikan Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat RI, DR Samto kepada seluruh pegiat literasi  yang hadir pada penutupan pameran festival literasi dalam rangka Hari Aksara Internasional (HAI) 2016 yang dipusatkan di Palu, Kamis (20/10).

Menurutnya semangat gerakan literasi yang terus tumbuh di tengah – tengah masyarakat haruslah bisa terus dipupuk dan diperkuat oleh para pegiat literasi Indonesia dengan selalu menebarkan untuk mau mencintai dunia membaca buku.

“ Meskipun secara seremoni kegiatan ini telah ditutup, namun saya mengharapkan festival- festival literasi lainnya yang ada di berbagai daerah dapat terus berlanjut untuk menjaga semangat gerakan literasi di tengah masyarakat,” ujarnya.

Tidak lupa juga dirinya mengatakan bahwa minat baca masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah, haruslah bisa terus ditingkatkan dengan berbagai upaya–upaya yang berkesinambungan dan terpadu antara pemerintah dan para relawan pegiat literasi seluruh Indonesia.

“ Sinergitas antara kita semua harus terus terjalin, semoga di setiap daerah seluruh Indonesia hadir para pegiat literasi dari berbagai komunitas ataupun forum taman baca masyarakat yang terus menggaungkan semangat cinta membaca,“ tuturnya.

Pameran dan festival literasi menjadi kesempatan terbaik bagi para pegiat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dari seluruh Indonesia dimana mereka bisa saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman dalam selama proses mengampanyekan Gerakan Indonesia Membaca (GIM).

PBB menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional (International Literacy Day) dengan tema reading the past writing the future (membaca masa lalu menulis masa depan). Sedangkan di tingkat nasional HAI yang berlangsung 17-21 Oktober 2016 juga diperingati di berbagai daerah dan puncaknya dilangsungkan di Palu, Sulteng, pada 20 Oktober 2016. Tema HAI Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah ”Penguatan Literasi dan Vokasi dalam Membangun Ekonomi Berkelanjutan”. FDL

Komentar

News Feed